Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>


Cara mengatur General Setting Pada WordPress Yang Baru Diinstal

Mengatur General Setting Pada Wordpress
Konfigurasi Pada Wordpress/cc/pixabay.com

Setelah melakukan instalasi WordPress pada hosting, langkah selanjutnya  adalah melakukan mengatur General Setting pada WordPress yang baru. Konfigurasi ini berguna untuk mengelola berbagai hal yang terkait dengan website yang akan dipublikasikan.

Beberapa hal penting yang harus diatur dalam instalasi baru wordpress ini diantaranya tentang Site title dan tagline, pengaturan membership, waktu area, format tanggal, format waktu, mulainya hari yang diingikan, dan bahasa situs yang digunakan. (Baca juga : Menginstal WordPress di Cpanel Itu Mudah. Ini Caranya..)

Adapun langkah-langkah mengatur setting konfigurasi wordpress adalah :

1. Masuk ke Dashbord WordPress, kemudian pilih Setting –> General

cara-setting-wordpress-agar-SEO-Friendly

Dalam halaman General Setting ini Anda akan disuguhkan berbagai pilihan pengaturan mulai dari judul situs hingga pengaturan bahasa yang digunakan oleh situs yang akan dibuat.

2. Atur Site Title dan Tagline

Pengaturan Site Title dan Tagline berguna untuk memberi keterangan pada pengunjung tentang nama situs dan tagline situs tersebut. Pada umumnya Site Title diisi dengan nama website sedangkan Tagline diisi dengan slogan situs ataupun keterangan singkat tentang situs yang dibuat. Site Title dan Tagline ini akan tampil sebagai judul situs di Search Engine dan juga bisa dilihat pada Home title.

membuat-site-title-dan-tagline-wordpress

Selain dapat diatur di General Setting, Site Title dan Tagline juga bisa diatur dengan menggunakan Plugin SEO by Yoast. Plugin ini sangat membantu untuk mengoptimalkan web WordPress di mesin pencari.

3. Kelola membership untuk situsmu

Jika Anda mengaktifkan status Membership di General Setting ini, itu artinya website Anda membuka kesempatan untuk orang lain sehingga bisa menjadi member atau bagian dari situs Anda. Setiap orang yang bisa mendaftar sebagai member tersebut bisa diatur secara otomatis perannya dalam keanggotaan.

mengatur-membership-pada-website-berbasis-wordpress

Dalam menu membership terdapat beberapa pilihan peran seperti Subscriber, Kontributor, Author, Editor, dan Administrator. Masing-masing peran memiliki hak akses ke dashboard situs berbeda-beda.

Subscriber, merupakan user yang hanya mensubscribe atau mengikuti situs kita, user jenis ini bisa masuk secara terbatas ke dashbord, bisa melihat trafik web (jika diijinkan). User Subscriber ini merupakan user yang memiliki peran dan wewenang paling sedikit dalam situs. Kelebihannya ia hanya bisa membaca, mengikuti dan berkomentar tanpa harus mengisi nama, email dan websitenya.

Contributor,  User ini banyak digunakan oleh pengelola web untuk mendapatkan guest post atau posting tamu. Peran contributor ini seperti Subscriber tapi plus bisa menulis dan mengedit artikel yang ditulisnya. Biasanya contributor dapat menulis dalam bentuk draft, ia tidak bisa mempublish artikel sebelum disetujui oleh administrator.

Author,  Merupakan user hampir setingkat dengan editor. Ia memiliki peran seperti contributor tetapi ia hanya bisa mengubah, menghapus, dan menambahkan artikelnya sendiri (tidak bisa mengubah atau menghapus artikel dari administrator). Kelebihan menjadi author adalah ia bisa mengupload file ke media.

Editor, User ini memiliki peran seperti Author namun dapat mengubah, menghapus, dan menambah posting dan halaman pada website milik administrator tanpa harus menunggu persetujuan dari administrator. Peran editor juga bisa memoderasi komentar, membuat dan mengedit kategori pada website.

Administrator, merupakan admin utama sebuah situs, biasanya ia adalah pemilik situs yang mempunyai hak untuk mengelola semua kontent situsnya, mulai dari mengganti tema, menambah berbagai plugin, membuat dan menghapus posting, dan lain-lainnya. Peran administrator ini sangat vital, ia memiliki tanggung jawab besar untuk memperbaiki situs apabila terjadi masalah-masalah teknis. Untuk itulah, peran administrator hanya bisa dipercayakan pada orang yang memahami web.

4. Mengatur Timezone, format hari dan tanggal

Mengganti zona waktu (timezone) sesuai dengan zona lokasi wilayah tempat tinggal anda merupakan satu keharusan untuk dilakukan hal ini berguna agar pada saat update artikel dapat berada pada tanggal post yang tepat.

mengatur-timezone-website-wordpress-baru

Untuk mengatur zona waktu agar tepat, pilihlah kotak pada Timezone (UTC+0) menjadi Jakarta waktu indonesia barat, pontianak waktu indonesia, jayapura untuk indonesia timur. Setelah itu atur juga format waktu, tanggal dan hari sesuai selera.

Setelah semua pengaturan di General Setting selesai, klik tombol Save Change untuk menyimpan pengaturan yang telah dilakukan.

*Artikel lengkap tentang wordpress, silahkan baca di : Tutorial Membuat Website Dengan CMS WordPress

Mari berdiskusi lewat kolom di bawah ini :

Silahkan tinggalkan pesan

Alamat email Anda tidak akan terpublikasi.


*


Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.