Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Cara Memasang Logo Di Blog (Blogger)

Salam Sukses. Memasang logo di blog ataupun situs web bisa menjadi satu cara untuk meningkatkan citra perusahaan dan juga website yang dibuat. Dengan logo inilah identitas web ataupun perusahaan akan dapat dibedakan dengan lainnya. Diferensiasi memang satu hal yang penting ditengah-tengah kuatnya persaingan yang ada saat ini, ya.. “Menjadi Beda” memang perlu dilakukan, dengan apapun caranya.

Logo merupakan sebuah identitas visual perusahaan, lembaga, organisasi, situs web atau apapun, yang dapat digunakan untuk program marketing dan branding. Biasanya logo dibuat sebagai penanda sekaligus simbol keunggulan dan kualitas (Baca juga : Cara Membuat Logo Untuk Brand Perusahaan).

Memasang logo di blog bukanlah sesuatu yang sulit jika kawan-kawan sudah mempunyai logo. Beberapa hal yang dapat dilakukan diantaraya adalah :

1. Siapkan gambar logo dalam bentuk file JPEG ataupun PNG dengan ukuran maksimal 100kb. Ukuran logo yang ideal untuk dipasang pada blog pada umumnya maksimal lebar 300px. Kalau saya sendiri biasanya menggunakan logo dengan ukuran lebar gambar 250px, besar file 20KB dan menggunakan file PNG. Salah satu alasan kenapa menggunakan file PNG adalah karena dengan file ini bisa meng-upload gambar logo dengan latar (background) yang transparan.

2. masuklah ke dasbor blogger dan pilihlah tombol “Tata Letak”

menu tata letak blogger

3. Pilihlah menu “Edit” pada halaman tata letak.

pilih edit pada header

4. Isilah Judul Blog, Deskripsi Blog dan Upload gambar logo yang telah disiapkan. Selain bisa mengupload gambar baru, Anda juga diberi pilihan untuk menambahkan gambar logo dari situs lain dengan memasukkan URL gambar logo.

memasang logo di blog

5. Pilih salah satu cara penempatan logo. Kalau saya biasanya memilih “Selain judul dan keterangan” karena saya hanya ingin menampilkan logo saja tanpa teks.

6. Klik simpan, dan jangan lupa dengan menekan tombol “Simpan Setelan” pada pojok kanan atas halaman tata letak. Lihat hasilnya, jika langkah-langkah diatas sudah dilakukan tentu logo bisa tampil di halaman depan blog.

tampilan logo di beranda trknya

Memasang logo di blog sudah selesai, namun masih ada satu pekerjaan lagi yang harus dilakukan yakni menyesuaikan backgroud blog dengan logo-nya agar terlihat serasi. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Silahkan masuk ke dasbor blogger dan pilih menu “Template”

pilihlah menu template

2. Pilih tombol “Sesuaikan”

pilih sesuaikan

3. jika sudah masuk di halaman Perancang Template Blogger, pilihlah menu “Tingkat Lanjut” yang berada di urutan paling bawah >> Pilih menu “Latar” >> Pilihlah warna pada “Latar Header”. Pemilihan warna yang baik adalah yang mampu menonjolkan warna logo agar jelas dilihat..

edit background di perancang template blog

4. Silahkan lihat ke beranda blog, warna latar belakang sudah sesuai dengan pilihan Anda.

Selain memasang logo di blog, ada satu hal lagi yang tidak kalah penting adalah memasang favicon di blog. Untuk melakukannya silahkan baca pada artikel Pentingnya Membuat Dan Memasang Favicon di Blogger. Semoga Sukses..

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook


1 Comment on Cara Memasang Logo Di Blog (Blogger)

  1. terima kasih, informatif sekali. membantu saya sebagai blogger pemula untuk memasang logo tanpa ribet

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*