Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>


Cara Jitu Membuat Profil Perusahaan Yang Bagus

Membuat Profil perusahaan

tips membuat profil perusahaan
tips membuat profil perusahaan

Membuat Company Profile atau profil perusahaan menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan guna mendukung berbagai aktivitas organisasi perusahaan, khususnya dalam rangka menyebarkan informasi mengenai seluk-beluk perusahaan kepada publik.

Company Profile perusahaan memang sering kali dibuat sebagai alat untuk menjelaskan tentang berbagai hal mengenai perusahaan, baik keunggulan produknya, perkembangan usahanya, potensi investasi, yang disajikan baik secara verbal maupun visual. Pembuatan profil perusahaan memiliki banyak keuntungan, salah satunya dapat menginformasikan berbagai kelebihan perusahaan dibandingkan pesaing yang ada.

Profil perusahaan yang dibuat dengan baik bisa dijadikan sebagai sarana pemasaran. Bentuk media profil perusahaan bisa berupa teks yang disertai gambar dengan wujud buku, media presentasi seperti power point, aplikasi web, ataupun video profil perusahaan. Berbagai media yang dibuat ini bisa digunakan untuk presentasi tentang produk dan perusahaan dalam rangka menarik para pemilik modal, memaparkan pada klien, dan kegiatan promosi lainnya. Semakin lengkap media yang digunakan maka akan semakin luas penyebaran informasinya.

prorfil perusahaan yang diaplikasikan pada buku designrfixcom
Profil perusahaan yang diaplikasikan pada buku /designrfix.com

Beberapa cara untuk membuat profil perusahaan yang bagus diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Profil perusahaan haruslah singkat, padat dan jelas.

Memaparkan produk maupun perusahaan kepada para pemangku kepentingan akan lebih baik jika dilakukan secara efektif dan efisien, yakni tidak terlalu banyak membuang waktu namun mampu menyita perhatian mereka agar fokus pada informasi yang disampaikan.

Jika profil perusahaan dalam bentuk teks sebisa mungkin tidak lebih dari dua halaman kertas folio, lebih baik lagi jika profil bisa disajikan dalam satu halaman. Para pembaca biasanya hanya akan membaca profil perusahaan secara sekilas dengan melihat gagasan yang paling penting saja. Jika profil perusahaan dalam bentuk video usahakan durasi dibawah 10 menit namun memuat berbagai point penting. Video profil perusahaan yang disajikan dengan durasi panjang biasanya akan menimbulkan kejenuhan bagi penontonnya, sehingga justru mereka akan lupa dengan inti utama yang akan disampaikan.

2. Langsung ke pokok persoalan.

Profil perusahaan yang dibuat dengan penuh basa-basi menyebabkan kejenuhan bagi pembaca karena terlalu bertele-tele. Gunakan kalimat yang efektif, hal-hal yang memang tidak perlu bisa dipotong atau dihapus sehingga pembaca langsung bisa menangkap pokok persoalan yang akan disampaikan. Sajikan aspek-aspek utama yang memang penting untuk ditampilkan.

Editor naskah maupun editor video memiliki peran penting dalam membuat profil perusahaan agar bisa menyajikan materi yang bisa langsung ke pokok persoalan. Merekalah yang akan memilih-memilah setiap kata dan stok gambar yang memang benar-benar layak untuk disajikan.

3. Gunakan data yang akurat.

Dalam membuat profil perusahaan, menyampaikan data-data secara akurat harus dilakukan guna meningkatkan kepercayaan semua pihak yang berkepentingan. Dengan data yang akurat dan terjamin validitasnya, mereka yang akan melakukan penelusuran, penelitian kelapangan secara langsung, ataupun mengkonfirmasi informasi yang ada dalam perusahaan tidak akan merasa dibohongi.

Mengeksplorasi dan menyampaikan informasi tentang kelebihan perusahaan tanpa kebohongan merupakan kunci sukses dalam membangun komunikasi melalui profil perusahaan. Apabila ada kekurangan dan tidak layak diutarakan, lebih baik tidak disampaikan dalam profil perusahaan tersebut, sehingga tidak membohongi audience.

4. Informasi yang ter-update

Seiring berjalannya waktu, perusahaan tentu akan mengalami perubahan-perubahan. Buatlah profil perusahaan sesuai dengan kondisi terkini.  Update informasi dalam profil bisa dilakukan setidaknya 6 bulan sekali, ataupun pada saat terjadi perubahan yang mendasar pada perusahaan sehingga bisa mempengaruhi kegiatan operasional perusahaan. Dengan mengupdate profil perusahaan secara berkala, para pemangku kepentingan akan mengetahui perkembangan terkini tentang perusahaan tersebut.

5. Disajikan dengan cara kreatif

Menyajikan profil perusahaan secara baik dan kreatif bisa menjadi salah satu cara meningkatkan citra perusahaan. Profil perusahaan yang dibuat haruslah mampu memberi kesan profesional sehingga akan sesuai dengan kepentingan bisnis.

Gunakan bahasa visual maupun verbal yang mampu membangkitkan minat, memberi kesan positif, menjadi pusat perhatian dan mampu  menginspirasi. Profil perusahaan yang disajikan secara kreatif, biasanya akan lebih dapat diterima dengan baik oleh para pembaca ataupun penonton video.

video-profil-perusahaan-dalam-bentuk-DVD-atau-VCD-rumahdigitalholes
Video profil perusahaan dalam bentuk DVD atau VCD/rumahdigital.hol.es

Setelah dibahas mengenai berbagai cara membuat profil perusahaan agar bagus, hal yang tidak kalah penting untuk diketahui adalah tentang kontent atau isi yang akan disampaikan didalamnya. Aturan baku dalam membuat profil perusahaan sebenarnya tidak ada, profil bisa saja dibuat sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Namun disini kami akan menyampaikan beberapa point penting yang sering dibutuhkan dalam membuat profil.

Berikut gambaran singkat tentang isi profil perusahaan :

1. Nama dan logo perusahaan

Nama dan logo perusahaan merupakan hal penting yang harus ada dalam profil perusahaan, karena inilah yang menjadi identitas perusahaan. Logo bagi perusahaan dapat mewakili visi, prinsip bisnis dan juga citra produk yang dibuat. Oleh karena itu bagi banyak perusahaan logo bisa menjadi salah satu elemen yang “sakaral” dan selalu ditempatkan di tempat yang sangat layak.

baca juga :

2. Sejarah Berdirinya Usaha

Dalam membuat profil perusahaan, biasanya para pengusaha juga menyampaikan ulasan singkat mengenai sejarah berdirinya perusahaan. Hal ini berguna untuk memberi gambaran kepada pihak lain tentang landasan dan alasan perusahaan berdiri.  Dengan adanya sejarah perusahaan dalam profil perusahaan, pembaca ataupun penonton bisa diajak untuk ikut merasakan proses panjang sebuah usaha dapat terbentuk dan mendapat kepercayaan hingga kini.

3. Visi & Misi Perusahaan

Menyampaikan visi dalam profil perusahaan akan memberikan gambaran pada pembaca maupun audience tentang cita-cita besar yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam jangka panjang. Sedangka penyampaian misi dalam profil perusahaan akan memberikan gambaran tentang berbagai upaya yang telah dan akan terus dilakukan oleh perusahaan dalam menggapai cita-cita tersebut.

4. Kegiatan dan kinerja Perusahaan

Paparan mengenai kegiatan dan kinerja perusahaan merupakan point paling penting yang harus disampaikan melalui profil perusahaan. Beberapa hal yang terkait dengan kegiatan dan kinerja perusahaan diantaranya adalah :

  • Jenis produk yang ditawarkan. Produk disini bisa berupa barang ataupun jasa, deskripsikan secara jelas tentang kegunaan/fungsi produk, keunggulan produk dibanding dengan produk pesaing, dan berbagai hal lain tentang produk.
  • Target market perusahaan. Sampaikan dengan jelas segmen mana yang menjadi target pasar dari produk yang dibuat sehingga mampu memenuhi kebutuhan mereka. Hal ini menjadi penting karena untuk mengetahui apakah produk yang ditawarkan sudah sesuai dan cocok dengan pembaca ataupun audience. (baca juga : Strategi Menentukan Target Pasar Secara Tepat)
  • Portofolio perusahaan, berisi pengalaman-pengalaman perusahaan dalam menangani pekerjaannya, prestasi yang pernah dicapai,  daftar beberapa klien yang pernah dilayani (biasanya yang terkenal), dan lain-lain.
  • Laporan Keuangan, hal ini diperlukan apabila profil perusahaan dibuat untuk menggaet investor ataupun dalam rangka menjalin kerjasama dengan lembaga lain misalkan perbankan atau lembaga keuangan.
  • Kontak perusahaan, bagian ini biasanya diletakkan pada bagian akhir profil perusahaan. Kontak perusahaan ini biasanya terdiri dari nama perusahaan, nomor teepon & fax, alamat email, dan juga alamat website perusahaan. Selain kontak, beberapa perusahaan juga melampirkan nomor SIUP guna meyakinkan orang lain bahwa perusahaan tersebut legal.

Selamat mencoba membuat profil perusahaan Anda, semoga sukses dan berkah..

Mari berdiskusi lewat kolom di bawah ini :

Silahkan tinggalkan pesan

Alamat email Anda tidak akan terpublikasi.


*


Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.