Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Cara Aman Menyimpan Emas Batangan

Sebagai salah satu aset yang berharga, dalam menyimpan emas batangan memang membutuhkan tempat khusus. Selain untuk menjaga keamanan dari pencurian, emas batangan yang memiliki kadar karat tinggi sifatnya lebih lunak daripada emas perhiasan. Oleh karena itu butuh tempat yang benar-benar aman untuk menyimpannya.

Ada banyak cara untuk menyimpan emas batangan agar selalu aman. Beberapa cara yang umum dilakukan oleh para investor emas ini biasanya dilakukan dengan menyewa Safe Deposit Box di bank, menyimpan emas di tempat gadai, menyimpan secara online di pool account, atau menyimpan emas di rumah sendiri.

Dari sekian banyak media penyimpanan yang ada, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Untuk itulah perlu pertimbangan yang matang untuk memutuskan dimana yang terbaik untuk menyimpan emas batangan. (baca juga : Ini Keuntungan Investasi Emas Batangan)

Secara singkat berikut ini kami sajikan beberapa tempat menyimpan emas batangan yang cukup aman :

1. Meyimpan Emas di Bank

Menyimpan emas batangan di bank bisa dilakukan dengan cara menyewa Safe Deposit Box (SDB) yang biasanya disediakan oleh bank-bank besar di Indonesia. safe deposit box ini pada umumnya berbentuk laci kotak dengan ukuran beragam yang tersusun pada rak-rak dalam ruangan khusus di bank.

Menyimpan emas di bank dengan menyewa safe deposit box merupakan salah satu cara paling aman yang bisa dilakukan untuk menyimpan emas batangan. Beberapa kelebihan jika Anda menyimpan emas batangan di safe deposit box diantaranya adalah kotak-kotak tersebut terbuat dari bahan logam (Baja) yang tahan api, ditempatkan pada ruang khusus dimana tidak semua orang bisa mengakses dengan mudah, memiliki pengamanan berlapis, dan di beberapa bank juga dapat diakses meski hari libur.

Menyimpan emas batangan dengan safe deposit box di bank, biasanya dilakukan oleh mereka yang memiliki emas dalam jumlah banyak, ataupun mereka yang tidak yakin dengan keamanan dalam menyimpan emas batangan di rumahnya. Tingkat keamanan yang tinggi di safe deposit box inilah yang menyebabkan harga sewa juga cukup mahal. Oleh karena itu tidak semua orang yang memiliki emas batangan lantas menyimpannya di safe deposit box.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk menyewa safe deposit box ini juga bervariasi dari satu bank dengan bank lainnya. Selain itu perbedaan harga juga ditentukan oleh besar kecilnya ukuran safe deposit box yang disewa. Selain biaya sewa yang biasanya ditetapkan pertahun, untuk mendapatkan kotak pengaman ini juga terdapat biaya jaminan kunci pengaman.

Uang jaminan kunci ini diperlukan oleh bank untuk mengantisipasi jika suatu saat kunci safe deposit box tersebut hilang atau rusak. Uang jaminan ini tentu akan dikembalikan kepada penyewa jika masa sewa telah berakhir dan telah dipastikan, safe deposit box masih dalam kondisi baik. (Baca juga : Aneka Jenis Emas Untuk Investasi Keluarga)

2. Menggadaikan Emas

Menggadaikan emas bisa menjadi satu cara untuk menyimpan emas batangan secara aman di bank maupun pegadaian. Cara ini banyak dilakukan oleh mereka yang memiliki emas batangan namun sedang membutuhkan uang segar untuk kebutuhan modal usaha maupun kebutuhan mendadak.

Menggadaikan emas, salah satu cara menyimpan emas batangan secara aman/kompasiana.com
Menggadaikan emas, salah satu cara menyimpan emas batangan secara aman/kompasiana.com

Selama proses gadai masih berjalan, emas batangan akan disimpan dengan baik oleh bank atau pegadaian. Cara ini juga banyak dilakukan oleh mereka yang akan bepergian meninggalkan rumah untuk sementara waktu. Mereka menyimpan emas batangan dengan cara digadai, setelah kembali pulang emas akan ditebus lagi. (Baca juga : Ingin Membeli Emas? Ini Yang Harus Anda Lakukan)

3. Menyimpan emas batangan pada Pool Account

Seiring berkembangnya teknologi informasi, media untuk menyimpan emas batangan juga semakin beragam. Salah satunya adalah fasilitas pool account yaitu rekening kepemilikan emas, dimana seseorang dapat membeli, menjual dan menyimpan emas secara online tanpa harus memegang emas secara fisik. Dalam pool account ini mereka menyediakan Safe Deposit Box yang tidak dikenakan biaya untuk menyimpan emas batangan.

Meskipun pool account hanya dalam bentuk rekening kepemilikan emas, namun apabila Anda ingin mengambil emas batangan yang tersimpan disana, mereka juga akan mengirimkan emas dalam bentuk fisiknya. Emas yang tersedia dalam layanan pool account ini adalah emas batangan Logam Mulia sertifikat PT. Antam.

Menyimpan emas batangan pada Pool Account (ilustrasi)/usgoldcoins.com

Dengan menggunakan pool account ini secara otomatis Anda secara tidak langsung memiliki rekening emas sekaligus rekening uang, karena dari rekening tersebut Anda bisa menarik aset berupa emas maupun dalam bentuk uang tunai.

Dari sekian banyak kelebihan yang dimiliki oleh penyedia jasa pool account ini, tentu juga ada beberapa kekurangannya, misalnya adanya biaya cetak saat melakukan penarikan fisik dibawah kriteria minimum penyedia jasa layanan pool account, sistem belum familiar di masyarakat sehingga bisa memunculkan keraguan, perlu ekstra hati-hati jika ingin memutuskan untuk membeli, menjual dan menyimpan emas batangan di pool account, penyedia jasa belum tentu menjaminkan emas batangan yang disimpan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, dan lain sebagainya.

Dari sekian banyak penyedia jasa layanan pool account di media online, mereka biasanya memiliki ketentuan layanan yang berbeda-beda. Agar lebih nyaman dan aman dalam menggunakan jasa pool account, sangat disarankan untuk mempelajari tentang latar belakang dan kredibilitas perusahaan, berbagai fasilitas layanan mereka, bukti penyimpanan, dan lain lain.

Jika anda tertarik menggunakan jasa layanan pool account di media online, satu hal yang paling penting adalah hati-hati, karena banyak juga penawaran investasi emas bodong yang telah membuat orang tertipu. (Baca juga : Emas Asli Atau Palsu? Ini Caranya Membedakan)

4. Menyimpan emas batangan di rumah

Menyimpan emas batangan di rumah dengan sebaik-baiknya merupakan satu langkah yang bisa dilakukan untuk melindungi aset emas dari hal-hal yang tidak diinginkan. Hal-hal buruk seperti pencurian maupun kerusakan emas bisa saja terjadi kapan saja jika dalam menyimpan emas di rumah tidak dilakukan dengan benar.

Brankas, tempat ideal menyimpan emas batangan di rumah.
Brankas, tempat ideal menyimpan emas batangan di rumah.

Menyimpan emas batangan di rumah memang memiliki beberapa kelebiah dan kelemahan. Beberapa kelebihan jika menyimpan emas di rumah misalnya tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya sewa, akan tetap aman selama pemilik ada di rumah, dapat disimpan dengan berbagai cara agar tetap aman.

Adapun kelemahan jika menyimpan emas batangan di rumah adalah keamanan tidak terjamin karena tidak ada perlindungan asuransi, resiko ditanggung sendiri jika terjadi musibah misalnya kebakaran, rawan terhadap pencurian, dan lain-lain.

Selain beberapa kelemahan yang telah disebutkan diatas, satu kelemahan yang tidak kalah penting ketika menyimpan emas batangan dirumah adalah perasaan khawatir yang berlebihan apabila emas ditinggal bepergian. Apalagi jika jumlah emas dirumah cukup banyak, bisa jadi hidup anda tidak akan tenang karena takut kehilangan.

Beberapa solusi agar dalam menyimpan emas dirumah tetap aman dan nyaman diantaranya adalah :

  • Menyimpan emas batangan di rumah akan lebih baik jika jumlah emas masih sedikit, misalnya dibawah 100 gram.
  • Jangan bercerita pada orang lain bahwa Anda memiliki dan menyimpan emas batangan di rumah.
  • Belilah brankas kecil yang tahan api dan letakkan pada tempat khusus yang tidak diduga, misalnya dibawah lantai yang telah dilubangi, kemudian ditutup dengan keramik/ubin, ditutup karpet, dan diatasnya diberi almari kecil.
  • dan lain sebagainya.

Dimanapun anda menyimpan emas batangan dirumah sebenarnya bukan satu masalah, satu hal yang paling penting adalah bahwa Anda bisa merasa nyaman dengan tempat penyimpanan tersebut. Dengan rasa nyaman inilah Anda bisa menikmati kekayaan Anda dengan bahagia tanpa dihantui rasa kekhawatiran yang berlebih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*