Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>


Bisnis Online, Ada banyak Cara Untuk Mencari Uang Di Internet

Bisnis online menjadi penulis artikel di blog
Menjadi penulis artikel di blog/CC/Faccycrave1

Seiring berkembangnya Teknologi Informasi saat ini, bisnis online telah manjadi pilihan alternatif bagi banyak orang untuk bisa mendapatkan penghasilan. Bahkan beberapa orang yang memiliki predikat orang terkaya di dunia saat ini justru mendapatkan uangnya dari dunia maya atau internet.

Tak dapat dipungkiri, semakin canggihnya peralatan komunikasi seperti handphone atau yang kini populer dengan smartphone, semakin membuka lebar peluang usaha bagi banyak orang. Bisnis yang sebelumnya bergerak secara offline lambat laun bergeser menuju bisnis online.

Bisnis online yang dijalankan melalui media internet ini sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Setiap orang yang memiliki koneksi internet, dia bisa menjual produk secara online. Target pasarnya pun juga tidak terbatas pada wilayah geografis tertentu saja, namun bisa menuju pasar yang lebih luas, mulai tingkat nasional, regional maupun internasional.

Berikut ini adalah beberapa contoh peluang bisnis online yang saat ini masih ngetren dikalangan anak muda :

1. Melayani jasa konten web

Bisnis online menjadi penulis artikel di blog
Menjadi penulis artikel di blog/CC/Faccycrave1

Bagi Anda yang hobi dengan tulis-menulis, menjadi penyedia jasa penulis konten di berbagai website bisa menjadi pilihan. Saat ini banyak situs yang berupa blog maupun portal online yang membutuhkan banyak penulis untuk mengisi situs tersebut. Masing-masing situs biasanya memiliki standar kualitas dan harganya masing-masing. Anda tinggal mencari dan memilih situs-situs yang sesuai dengan passion menulis Anda.

Tak hanya tulisan, beberapa website juga membuka peluang untuk Anda yang memiliki hobi fotografi, desain, dan juga video. Ada banyak sekali pemiliki website yang tidak memiliki waktu atau tidak memiliki skill yang baik dalam membuat konten untuk website mereka.

2. Menjadi publisher online

bisnis online sebagai blogger atau publisher
ilustrasi/pixabay.com

Jika Anda tertarik dengan dunia tulis menulis dan memiliki hobi tentang IT, tak ada salahnya jika mencoba menekuni bisnis online ini, yakni menjadi seorang publisher. Hingga kini ada banyak publisher yang memiliki penghasilan cukup besar dari blog/website yang dikelolanya. Adapun penghasilan dari blog tersebut bisa berasal dari program PPC (pay per click) Google Adsense, space iklan, review produk, dan lain-lain.

Untuk bisa menjadi seorang blogger memang membutuhkan ketekunan dan kesungguhan dalam menyediakan konten yang menari di situsnya. Jika anda hobi menulis, hal ini bisa menjadi modal terbesar untuk membuat berbagai artikel yang bermanfaat bagi orang lain. Anda bisa dapat uang, orang lain bisa memanfaatkan blog Anda sebagai sarana untuk belajar. (baca juga : Syarat Mendaftar Google Adsense Agar Diterima)

3. Menjual produk orang lain secara online (reseller/ dropshiper)

bisnis online membuat toko online di internet
Ilustrasi toko online/ foto:pixabay.com

Memiliki toko online tak selamanya harus memiliki toko offline, bagi Anda yang berminat jualan online bisa saja Anda menjual produk orang lain  atau yang populer dengan nama reseller/ dropshiper. Menekuni bisnis online sebagai reseller maupun dropshipper, Anda tidak perlu repot dengan masalah pengadaan barang yang akan dijual maupun proses pengirimannya.

Hingga saat ini terdapat banyak toko online yang menawarkan program reseller/dropshipper. Toko online tersebut biasanya bersedia mengirimkan barang kepada pembeli dengan menggunakan kemasan barang nama toko online kita. Adapun produk yang dijual dengan cara reseller/ dropship ini biasanya berupa bentuk barang fisik ataupun non fisik seperti ebook, video, dan lain-lain.

4. Bisnis offline menjadi bisnis online

Bisnis offline menjadi bisnis online
Bisnis offline menjadi bisnis online/CC/Stevepb

Memanfaatkan produk-produk yang ada di masyarakat untuk dijual secara online, bisa menjadi salah satu peluang bisnis online yang cukup menggiurkan. Produk-produk UMKM yang biasanya dijual secara offline ini juga bisa dijalankan secara online.

Hingga saat ini ada banyak pengusaha UMKM yang berhasil membangun bisnisnya dan mampu memperoleh keuntungan berlipat ganda dari bisnis online. Untuk meng-online-kan bisnis yang ada tidak membutuhkan modal yang besar, yang pasti kita akan membutuhkan sebuah website dan juga media sosial sebagai pendukung marketing online yang dilakukan.

5. Menjadi desainer dan developer website

bisnis online menjadi desainer
Ilustrasi desaier /foto:pixabay.com

Anda suka otak-atik blog atau website? Bisnis online ini sangat cocok untuk Anda. Sebagai desainer dan developer web dibutuhkan kemampuan membangun dan mengelola sebuah website atau blog. Beberapa keahlian yang perlu dikuasai diantaranta menyusun kode-kode website, memahami salah satu CMS seperti blogger, wordpress, jomla atau yang lain, mengetahui SEO web, dan lain sebagainya.

Pada awalnya dalam menjalankan bisnis ini memang dukup berat, namun sebenarnya apapun bisa dipelajari dan dilakukan sehingga Anda akan terbiasa membuat website/ blog. Sebelum menjual jasa ini, akan lebih baik jika Anda juga memiliki website bisnis dengan tampilan yang cukup meyakinkan. (baca juga : Tutorial Membuat Website Dengan CMS WordPress)

6. Menjadi makelar online

bisnis online menjadi makelar di internet
Ilustrasi/ foto:pixabay.com

Menjadi seorang makelar, selain bisa dilakukan di dunia nyata tentu juga bisa dilakukan di dunia maya. Model bisnis online ini bisa dilakukan dalam bentuk usaha perseorangan maupun dalam bentuk perusahaan. Adapun pekerjaan yang bisa dilakukan adalah mempertemukan antara penjual produk/ jasa kepada calon pembeli. Sama dengan makelar yang ada di dunia offline.

Jaringan yang luas dan kepercayaan menjadi modal utama untuk bisa berkembang menekuni bisnis ini. Beberapa jenis bisnis yang banyak menggunakan jasa makelar ini diantaranta misalanya jual beli website, property, menjual jasa, dan lain-lain.

7. Menjadi konsultan online

bisnis online konsultan di internet

Jika Anda memiliki kemampuan expert dibidang tertentu, Anda bisa saja mendirikan sebuah biro konsultan yang bekerja secara online. Beberapa contoh untuk bidang bisnis online ini misalnya sebagai konsultan SEO (search engine optimization) sebuah website, konsultan pengembangan bisnis, konsultan asmara, konsultan pengobatan tradisional, dan lain-lain.

Selain beberapa jenis bisnis online yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak peluang bisnis online yang bisa digeluti. Saat ini bayak hal yang bisa dibisniskan secara online, untuk itu jangan enggan untuk selalu mengamati, bereksplorasi dan mengembangkan apa yang Anda miliki melalui media online ini.

Mari berdiskusi lewat kolom di bawah ini :

Silahkan tinggalkan pesan

Alamat email Anda tidak akan terpublikasi.


*


Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.