X
    Categories: ide bisnis

Bisnis Event Organizer, Meraup Laba Dari Kelola Acara

Bisnis event organizer dewasa ini semakin banyak diminati khususnya oleh kaum muda. Tak terbatas pada event-event pertunjukan saja, namun telah berkembang menjadi usaha yang mengelola berbagai acara, mulai dari acara keluarga hingga acara festival yang bisa melibatkan ribuan orang.

Sebagai salah satu bentuk usaha jasa dengan bidang kerja mengelola acara, bisnis event organizer memang membutuhkan keterampilan khusus untuk mengelolanya. Baik mengelola sumber daya manusianya, mengelola keuangan, mengelola rangkaian acara, mengelola target audien-nya, dan lain sebagainya.

Semakin sukses seseorang dalam mengelola acara, biasanya dia akan mendapat kepercayaan tinggi dari para klien. Bahkan jika EO-nya telah dipercaya publik, para klien biasanya tak akan enggan untuk mengeluarkan dana yang cukup besar untuk mensukseskan acaranya.

Berikut ini kami sajikan beberapa macam acara yang bisa dikerjakan oleh pengelola bisnis event organizer :

1. Bisnis event organizer untuk acara keluarga

bisnis event organizer mengurus acara ulang tahun keluarga/CC/Cbaquiran

Acara paling sederhana yang bisa ditangani oleh bisnis event organizer salah satunya adalah berbagai acara keluarga. Acara ini biasanya diselenggarakan oleh sebuah keluarga besar yang mengumpulkan seluruh anggota keluarga. Bentuk acara bisa bermacam-macam, bisa berupa acara syukuran, acara khitanan, atau acara-acara lainnya.

Acara keluarga yang paling banyak membutuhkan jasa event organizer selama ini adalah acara ulang tahun. Acara ulang tahun ini bisa ulang tahun dari salah satu anggota keluarga maupun acara ulang tahun perkawinan.

Bagi banyak keluarga yang memiliki dana yang lebih, acara ulang tahun biasanya dibuat secara meriah, apalagi bagi mereka yang menginginkan moment spesialnya tidak terlewat begitu saja. Moment-moment spesial keluarga ini biasanya berupa acara ulang tahun ke-17, ulang tahun pertama kelahiran bayi, ulang tahun kawin perak (tahun pernikahan ke-25), ulang tahun kawin emas (tahun pernikahan ke-50), dan lain sebagainya.

Dalam menyelenggarakan acara-acara keluarga ini, biasanya mereka membutuhkan jasa event organizer untuk mengurus berbagai keperluan acara agar dapat berjalan dengan lancar. Oleh karena itulah peran event organizer sangat penting dalam mengelola keseluruhan acara.

2. Event organizer mengelola acara komunitas

Mengelola acara komunitas/CC/vait_mcright

Acara dimana para anggota keluarga besar berkumpul bersama tentunya akan menjadi hari yang membahagiakan. Tidak hanya keluarga, tetapi acara kumpul bersama anggota komunitas atau perusahaan juga dibutuhkan dalam rangka mempererat hubungan kekeluargaan para anggota dan karyawan. Bahkan tak jarang ada acara reuni yang turut mengundang keluarga para karyawan untuk ikut datang memeriahkan suasana kumpul- kumpul bersama.  Event organizer pun hadir untuk membantu mengatur acara mulai dari tempat, kegiatan, MC, dan sebagainya

Tidak hanya keluarga, tetapi acara kumpul bersama anggota komunitas atau perusahaan juga dibutuhkan dalam rangka mempererat hubungan kekeluargaan para anggota dan karyawan. Bahkan tak jarang ada acara reuni yang turut mengundang keluarga para karyawan untuk ikut datang memeriahkan suasana kumpul- kumpul bersama.  Event organizer pun hadir untuk membantu mengatur acara mulai dari tempat, kegiatan, MC, dan sebagainya

3. Wedding Organizer yang fokus mengelola acara Pernikahan

Wedding organizer mengelola acara pernikahan/CC/Toanmda

Salah satu peluang bisnis event organizer yang tidak kalah menarik adalah dengan menjalankan Wedding Organizer, yakni mengelola acara yang terkait dengan dunia pernikahan.

Bagi banyak pasangan, acara pernikahan menjadi moment penting dalam kehidupannya, dimana saat itu ia telah memutuskan untuk mengikat janji setia melalui upacara pernikahan. Banyak orang memanfaatkan moment tersebut sebagai acara spesial yang harus dirayakan.

Wedding organizer, memiliki peran penting dalam mengelola acara pernikahan ini. Pihak WO akan merancang semua kebutuhan mulai dari persiapan hingga acara berakhir. Mulai dari membuat konsep acara, mencetak undangan pernikahan, menyiapkan gedung, katering, pemilihan busana pengantin, dan lain sebagainya. (Baca juga : Wedding Organizer, Cari Untung Dari Indahnya Pernikahan)

4. Bisnis event organizer yang mengerjakan acara promo produk

Event organizer membuat acara promosi produk/CC/WikimediaImages

Setiap perusahaan yang ingin berkembang lebih pesat tentu akan melakukan berbagai kegiatan promosi untuk mengenalkan produknya pada konsumen. Dari semua kegiatan promosi ini, tidak semua bisa dilakukan oleh perusahaan tersebut, oleh karena itu ia akan melakukan kerjasama dengan pihak event organizer untuk membantu beberapa kegiatan promosi yang dilakukan.

Salah satu kegiatan promosi yang sering kali melibatkan event organizer misalnya saat perusahaan melakukan peluncuran produk baru di pasaran. Acara ini biasanya akan dibuat semeriah mungkin agar publik dapat mengetahui tentang produk yang akan dijual.

Dalam menyusun acara promo ini, pihak Event Organizer akan merancang berbagai strategi untuk bisa mempertemukan produk yang dipromosikan pada segmen pasar yang akan dituju. Ada banyak cara untuk bisa menarik perhatian publiknya, bisa dengan pertunjukan musik, acara pameran, perlombaan, dan lain sebagainya.

5. Event organizer membuat pameran seni

Event organizer menyelenggarakan acara pameran seni/CC/Barni1

Binis Event Organizer memang memiliki cakupan yang cukup luas, ia bisa mengerjakan berbagai event, tak terkecuali mengelola event-event yang terkait dengan dunia seni visual seperti pameran fotografi, lukisan, poster, dan lain sebagainya.

Mengelola event berupa pameran seni memang dibutuhkan berbagai macam keterampilan dalam menyusun berbagai rangkaian acara yang akan diselenggarakan. Mulai dari mengumpulkan karya-karya yang akan dipamerkan, memilih para kurator seni, mempersiapkan konsep dan tema pameran, membuat display, mengatur pembukaan acara, dan lain-lain.

6. Bisnis event organizer membuat acara pertunjukan

Event organizer membuat acara musik/CC/Farrokh Bulsara

Mengelola acara pertunjukan merupakan salah satu kegiatan yang paling populer dilakukan oleh kebanyakan orang yang menjalankan bisnis Event Organizer. Hal ini tidak terlepas dari pengaruh perkembangan dunia hiburan di masyarakat.

Khususnya di Indonesia saat ini, membuat acara dengan mengundang artis lokal maupun mancanegara bukanlah sesuatu yang sulit lagi. Berbagai fasilitas komunikasi sudah semakin mudah, apalagi saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya mengembangkan industri kreatif, yang salah satu sub-sektornya adalah tentang penyelenggaraan acara pertunjukan.

Tak hanya sebatas pada pertunjukan musik saja, pihak Event organizer juga bisa berkreasi dengan membuat berbagai acara pertunjukan lain seperti seni budaya tradisi, menyelenggarakan festival seni, dan lain sebagainya. Disini peran event organizer menjadi penting karena dialah yang akan merancang keseluruhan acara mulai dari persiapan tempat, mencari dana, mencari seniman-seniwati yang akan tampil, melakukan kegiatan promosi, dan lain sebagainya.

7. Bisnis event organizer mengelola acara seminar

Event organizer mengurusi acara seminar/CC/Keem 1201

Tak terbatas pada pengelolaan event-event yang sifatnya menghibur, bisnis Event organizer juga bisa berperan dalam mengelola penyelenggaraan berbagai acara yang berbasis ilmu pengetahuan. Acara-acara ini misalnya acara seminar, workshop wirausaha, maupun berbagai acara pelatihan yang bermanfaat dan banyak dibutuhkan oleh masyarakat.

Selain menyasar masyarakat luas, pihak event organizer juga bisa menyasar perusahaan-perusahaan untuk menyelenggarakan berbagai acara pelatihan untuk karyawannya. Pihak Event Organizer bisa membuat berbagai penawaran paket kegiatan yang bisa dipilih oleh pihak perusahaan. Paket-paket kegiatan ini misalnya paket pelatihan manajemen, pelatihan kepemimpinan, dan lain-lain.

8. Event organizer mengelola kegiatan pariwisata

Mengelola usaha pariwisata juga termasuk dalam bisnis event organizer/CC/Sharonang

Tour wisata juga bisa dijadikan sebagai lahan untuk mengembangkan bisnis event organizer. Dalam tour wisata ini pihak event organizer dapat mengelola keseluruhan acara wisata, mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, maupun pelaksanaanya. Pihak EO disini bisa melakukan berbagai hal penting yang terkait dengan kehiatan wisata, mulai dari mengatur jadwal keberangkatan, pemilihan kendaraan yang akan digunakan, memilih tempat wisata yang akan dituju, menyediakan sarana penginapan, hingga mempersiapkan konsumsi bagi wisatawan.

Dalam bisnis event organizer yang melayani tour wisata, pihak EO dapat membuat berbagai paket wisata yang bisa ditawarkan kepada calon wisatawan. Paket wisata dapat dibedakan berdasarkan tempat tujuan wisata, kuota yang disediakan, fasilitas yang ada, dan lain-lain. Dengan adanya event organizer yang profesional, tentu akan dapat memudahkan para calon wisatawan untuk menikmati liburan dengan aman dan nyaman.

***

Tak bisa dipungkiri, bekerja dibidang ini memang akan selalu bersinggungan dengan banyak orang. Semakin banyak tim yang terlibat maka akan semakin besar kemungkinan terjadinya konflik antar individu. Maka tak heran, meski kian hari semakin banyak yang terjun di bisnis event organizer ini, namun tak sedikit pula usaha EO yang harus gulung tikar karena kurangnya kecakapan dalam mengelola berbagai sumber daya usahanya.

Merintis usaha apapun memang akan selaku dihadapkan dengan berbagai resiko, bagi seseorang yang bermental kuat tentu akan mensikapi berbagai resiko tersebut sebagai sebuah tantangan yang harus dihadapi. Jika Anda menyukai tantangan, bisnis event organizer ini bisa menjadi pilihan usaha yang dapat ditekuni… Selamat Berkarya!