Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Begini cara memilih dan merawat batu bacan Doko

Batu Bacan doko adalah batu yang unik dan khas. Batu bacan ini merupakan batu hidup dengan karakter kristal super. Tidak heran jika hingga kini bacan doko banyak diburu dan dicari untuk dikoleksi.

Namun, permintaan bacan doko yang tinggi mengakibatkan para pedagang bacan doko kurang lagi peduli dengan kualitas batu doko yang didapatkan. dengan kata lain, mereka langsung menjual bacan doko tanpa mempertimbangkan kualitas batu.

Batu asal Maluku Utara ini memang dikenal sebagai batu berkualitas unggulan. Biasanya, bacan doko dengan harga di bawah Rp 1 juta belum tergolong sempurna karena masih banyak warna hitam didalamnya.

bongkahan batu bacan

Memilih bahan batu bacan terutama bacan doko yang baik harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak tertipu.

Cara memilih bahan batu bacan Doko:

  1. Usahakan memilih bahan dalam keadaan kering sehingga kondisi asli bacan doko lebih mudah terlihat. Penjual bahan bacan doko berkualitas tidak akan takut menggelar dagangannya dalam keadaan kering.
  2. Perhatikan warnanya. Pilih bahan batu bacan doko yang berwarna cerah dan tidak kusam. Bacan doko umumnya berwarna hijau sampai hijau tua. Jangan memilih bahan batu bacan doko yang cenderung putih karena menunjukkan bahan batu masih muda.
  3. Pilih batu yang lebih berat diantara yang ada. Bahan Batu bacan doko yang sudah tua atau mengkristal lebih berat dibanding yang muda.
  4. Gunakan senter yang terang. Senter bahan batu bacan doko secara menyeluruh. Perhatikan seberapa besar kotoran yang ada dalam batu. Hindari bahan batu bacan doko yang memiliki bakat cacat bawaan. Gunakan kaca pembesar atau loop.
  5. Usahakan membeli bahan batu bacan doko di penjual yang memiliki reputasi baik. Minta referensi kawan baik offline maupun online.
  6. Jika masih juga bingung, ajak teman yang lebih paham tentang dunia batu bacan doko.
  7. Jika bahan batu yang ingin anda beli memiliki harga yang lumayan mahal, bisa mencobanya membawa ke lab batu. Saat ini lab batu semakin mudah ditemukan, dan biayanya juga semakin terjangkau.

Hal yang tak kalah penting dalam memilih bahan batu bacan doko adalah kesabaran dan ketenangan anda. Kesabaran membuat anda lebih berhati-hati. Sedangkan ketenangan, akan membuat anda tidak mudah tertipu oleh bujuk rayu penjualnya.

Berikut ini cara merawat batu bacan Doko menjadi kristal:

  1. Rendam batu bacan doko kedalam air yang sudah kita siapkan selama 2 sampai 3 hari, hal ini bertujuan untuk mengeluarkan mineral, minyak dan zat kimia lain yang banyak terkadung didalamnya
  2. Setelah perendaman selesai batu lalu dikeringkan, dengan menggunakan tisue atau kain sampai benar-benar kering.
  3. Batu bacan doko yang sudah kering di poles menggunakan kulit agar kandungan zat yang keluar dan menempel benar-banar hilang, untuk mendapatkan hasil maksimal sebaiknya pemolesan diulang sampai kurang lebih 3 hari.
  4. Lakukan pemanasan batu bacan doko, dengan suhu maksimal 80 derajat celcius. Pemanasan dapat menggunakan berbagai alat pemanas seperti: Rice Cooker, Hair Dryer, Setrika atau menjemur dibawah sinar matahari.
  5. Proses pemanasan bacan doko dilakukan sampai warna batu bacan yang hitam atau coklat berubah menjadi warna biru dan merata semua. Lakukan berulang-ulang dalam kurun waktu beberapa hari atau minggu.
  6. Ingat batu bacan yang akan diproses dengan cara pemanasan harus dalam keadaan kering, hal ini agar batu tidak mengalami crack atau keretakan setelah menjalani proses pemanasan.

Khusus untuk batu bacan yang sudah mulai mengkristal sebaiknya jangan lakukan pemanasan buatan. Tapi lakukan hanya dengan penjemuran di bawah matahari pagi sekitar 30-60 menit.

Cara merawat batu bacan doko biru

Batu bacan doko biru adalah jenis batu yang sangat susah mencarinya, dan jika beruntung mendapatkan batu ini tapi batu belum bagus, kita harus membutuhkan waktu yang agak lama dalam merawatnya agar bisa menjadi kristal bening.

Banyak cara untuk mengkristalkan batu bacan biru, salah satunya yang sering dilakukan adalah dengan tehnik perendaman menggunakan cairan alami seperti air oksigen, air mineral, air kelapa, air sumur, baby oil dan minyak zaitun.

Rendam batu bacan biru dengan air  selama 4 hari, gunanya untuk menetralkan kandungan yang tersembunyi dalam batu, ganti air rendaman jika terlihat minyak dipermukaan air.

Proses ini dilakukan terus menerus sampai tidak terlihat lagi minyak dipermukaan. Jika minyak sudah tidak terlihat, angkat batu bacan doko biru lalu keringkan dan dianginkan selama 1 hari, setelah dianginkan jemur batu cukup 1 jam saja.

Selanjutnya, masukkan batu pada wadah yang sudah berisi air oksigen lalu rendam semalam. Proses penjemuran dan perendaman ini dilakukan berulang ulang sampai batu bacan doko biru anda menjadi keras dan tidak hitam jika digores.

Setelah batu menjadi keras tinggal tunggu proses kristal.

Jika batu bacan sudah dibentuk menjadi batu cincin atau liontin, lakukan penggosokan menggunakan kulit atau bambu. Cara ini sangat membantu proses clarity atau pembeningan.

Baca juga : Cara lengkap mengkristalkan batu Bacan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*