Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Batu Ruby: Jenis, kualitas dan ciri-ciri keasliannya

Batu ruby termasuk salah satu batu mulia berkelas yang paling banyak dicari oleh kolektor di Indonesia. Batu indah ini memiliki tingkat tingkat kekerasan 9,0 skala Mohs, terbentuk melalui korundum mineral, yaitu kristal alumunium oksida yang merupakan mineral dengan ketahanan paling lama di bumi.

Dengan tingkat kekerasan yang nyaris sempurna dan keindahan fisiknya, tak heran jika harga Ruby sangat tinggi.  Harga yang tinggi ini pula yang mengakibatkan banyaknya ruby imitasi dengan harga yang lebih terjangkau.

Batu Ruby star/Ist
Batu Ruby star/Ist

Ciri-ciri Batu Ruby

Warna (Color): Ruby yang terbaik adalah yang warna merah darah segar, dan merupakan batu yang sangat berharga. rubi juga ada dengan warna merah anggur dan merah gelap, atau merah muda.

Ukuran (size): karat yang lebih besar merupakan batu permata ruby, dengan nilai harga yang lebih berharga dan mahal. Karat ruby dengan warna yang baik dan kejelasan (Clarity) sudah cukup bernilai. Rubi lebih besar dari ini yang langka dan sangat mahal.

Kejelasan (Clarity): rubi alam Sebagian besar memiliki beberapa keadaan mendung atau ketidaksempurnaan. sangat sedikit yang benar-benar jelas. rubi kualitas yang lebih baik adalah transparan, dan tidak buram.

Potongan (Cut): Kualitas memotong ruby’s menentukan seberapa baik berkilau. Sempurna memotong batu rubi yang sangat berharga dan sulit ditemukan.

Ruby asli memiliki serat di dalam batu. Batu ruby yang sebenarya justru tampak tidak sempurna dari bentuknya. Adanya serat membuat tampilan tidak cukup jernih. Tapi, saat ini telah ada teknologi yang mampu meniadakan keberadaan serat pada ruby. Rata-rata, ruby yang dijual di pasaran masih dalam bentuk natural dengan serat.

Jenis Batu Ruby

Ada beberapa jenus batu Ruby dengan kualitas dan ciri masing-masing, antara lain:

Myanmar: Selama berabad-abad deposit batu ruby yang paling terkenal adalah di Myanmar (Burma) di kawasan yang bernama Mogok. Dari daerah tersebut dihasilkan batu ruby yang berkualitas baik, yaitu batu rubi yang  berwarna menyerupai darah merpati/pigeoon bood yang dianggap sebagai batu rubi yang paling berharga. Pada awal 1990-an diketemukan sebuah deposit baru yang cukup besar di daerah Mong Hsu .

Menurut pembagiannya, batu ruby jenis ini adalah batu ruby yang memiliki kualitas nomor satu di banding batu ruby jenis lain.

Para kolektor banyak sekali mencari jenis batu ini karena keindahan warnanya batu jenis birma ini memeliki warna merah terang seakan bercahaya, namun ada juga batu ruby birma yang berwarna agak merah muda dan kebiruan.

Thailand: Batu ruby ditemukan di Thailand, yaitu di wilayah  Chanthaburi. Dari sana dihasilkan  batu ruby yang memiliki warna merah kecokelatan atau merah keunguan. Belakangan produksi batu ruby dari Thailand menurun, dan Chanthaburi sekarang lebih dikenal sebagai pusat untuk pengolahan dan perdagangan permata.

Ruby Thaialand pada umumnya sering di sebut orang dengan rubi siam. Perbedaan antara ruby burma dan ruby siam adalah terletak pada warna. Ruby siam memiliki warna batu yang lebih gelap karena adanya percampuran antara khrom dan besi.

Sri Lanka: Deposit batu ruby di negara ini terletak di barat daya pulau yaitu di distrik Ratnapura. Batu ruby dari sumber deposit tersebut biasanya berwarna merah muda/light red atau dikenal dengan sebutan ’red raspberry’.

Madagaskar: Pada tahun 1990-an ditemukan deposit ruby yang cukup besar di pulau raksasa ini, yaitu di lepas pantai Mozambik. Madagaskar sekarang menjadi salah satu produsen batu ruby terkemuka di dunia.

Ruby Madagaskar memiliki bentuk warna yang tidak kalah dengan jenis ruby lainnya, maskipun termasuk baru di kalangan para kolektor. Ruby Madagaskar banyak dicari karena harganya lebih terjangkau. Ruby jenis ini memiliki warna yang sedikit lebih gelap bahkan terkdang kita akan menjumpai, warna jingga dan merahmuda.

Tanzania: Di Sungai Umba, yaitu di barat laut wilayah Tanzania terdapat deposit batu ruby yang memiliki warna merah kecokelatan atau merah keunguan. Disana banyak juga ditambang batu rubi yang berwarna buram/opaque.

Ruby Tanzania memiliki warna yang hampir mirip dengan garnet, uniknya batu ini memiliki harga yang semakin mahal bila ukurannya semakin kecil. Pasalnya, jika ukuran ruby tanzania besar, maka warna pancaran batu akan menurun.

Beberapa deposit batu ruby yang cukup besar lainnya juga ditemukan di wilayah: Afghanistan, Kamboja , Kenya dan Vietnam. Deposit batu ruby lainnya yang tidak terlalu signifikan juga terdapat di wilayah : Australia, Brazil, India, Malawi, Nepal, Pakistan, Amerika Serikat dan Zimbabwe.

Batu Ruby asli dan imitasi

Ada beberapa cara membedakan batu ruby asli dan imitasi. Salah satunya adalah dengan cara menempelkannya ke pipi. Batu ruby yang asli akan terasa dingin jika Anda menempelkannya ke pipi.

Model Batu Bening dan Retak

Batu ruby yang palsu biasanya tampak begitu bening karena batu mulia tersebut terbuat dari campuran kaca dan plastic. Sedangkan, batu ruby yang asli pastilah terlihat seperti ada retakan-retakan dalam batu. Guratan pada batu itulah yang malah mencirikan bahwa batu ruby tersebut asli dari alam.

Menggigit Batu Ruby

Jika Anda mau, Anda bisa menggigit batu tersebut kuat-kuat. Jika batu tersebut terkelupas atau malah pecah, berarti palsu. Tetapi, jika batu tersebut baik-baik dan tak ada perubahan setelah menggigitnya, berarti batu mulia tersebut asli.

Khasiat Batu Ruby

Selain batu intan batu permata, Ruby juga banyak dijadikan sebagai hadiah untuk kekasih karena batu ini merupakan simbol cinta yang kekal. Batu ruby pun banyak dipercayai sebagai batu yang bisa memberi hoki atau melindungi harta si pemilik, membuat pemiliknya makin bergaya dan percaya diri, menyembuhkan penyakit-penyakit tertentu.

Ruby biasanya juga menjadi batu khusus untuk hadiah peringatan perkawinan yang ke 40. Dalam dunia astrology atau perbintangan, ruby adalah batu mereka yang lahir pada Juli dan dikaitkan dengan zodiac Scorpio, Capricorn dan Cancer.

Wajib baca : Kandungan dan manfaat giok Aceh menurut pakar Feng Shui, lengkap!!

1 Comment on Batu Ruby: Jenis, kualitas dan ciri-ciri keasliannya

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*