Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Batu mata kucing SBY, sejarah, kualitas dan khasiatnya

Jauh sebelum demam batu akik mewabah, mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah menggemari batu mulia. Batu mata kucing atau cat’s eye merupakan salah satu Koleksi batu akik SBY yang baru-baru ini diunggah sang istri, Ibu Ani Yudhoyono, ke akun instagramnya.

Dalam foto tersebut, nampak SBY mendekatkan tangannya ke mulutnya, seperti sengaja memperlihatkan batu akik mata kucing yang menghiasi jari telunjuknya. Batu cincin yang dikenakan SBY berwarna abu-abu gelap di bagian pinggir dan cokelat susu pada bagian tengahnya.

Kemudian, tepat di tengah batu terdapat guratan garis yang memancarkan cahaya yang cantik seperti membelah batu. Dalam akun unstagram itu, Ibu Ani menulis bahwa SBY sudah kepincut dengan batu akik sejak dirinya belum menjabat menjadi presiden Indonesia.

batu-akik-sby

Munculnya foto tersebut di Instagram Ibu Ani Yudhoyono itu pun penasaran dari para follower. Sebagian besar dari mereka mengatakan bahwa batu akik tersebut merupakan batu mata kucing atau cat’s eye stone.

Batu akik mata kucing atau cat’s eye stone sendiri merupakan salah satu batu mulia yang memiliki guratan yang bisa memantulkan cahaya. Sebagian besar batu mata kucing berwarna seperti kuning madu, cokelat kehitaman dan hijau muda.

Sejarah Baru Mata Kucing

Jenis batu cincin ini memang memiliki corak mirip dengan mata kucing. Ciri batu ini terdapat serat atau guratan melintang pada bagian tengah batu dengan warna kontras dari warna dasarnya, sehingga tampak berkilau dan menyorot seperti sosot tajam mata kucing di malam hari.

Salah satu keunikan pada batu ini terletak pada coraknya yang terkesan misterius dari efekkatoyansa pada guratan yang melintang pada bagian pemukaannya. Warna batu ini bervariasi mulai dari warna hitam, kuning, hijau merah dan coklat.

Batu ini terbentuk dari pembekuan zat asam yang terlahir dari sifat air dan mengandung sulfur perekat tertinggi selama ribuan tahun lamanya. Batu ini disebut juga ametis cristal terkuat yang mengandung 8 mohs kadar kekerasan batu dengan bentuk urat air mengalir.

Dalam peradaban manusia dimasa keemasan zaman Purwarica Bata Wening, batu mata kucing sangat didewakan sebagai lambang dari keasrian alam, sedangkan di zaman raja agung Zulkarnaen (Zaman setelah Nabiyullah Nuh AS) batu ini telah menduduki tahta tertinggi dengan ditempatkannya pada kursi kebesaran sang kaisar dan mahkota para raja kala itu.

Namun pada masa Nabiyullah Sulaiman AS, batu mata kucing mulai raib keberadaannya dan digantikan dengan batu termulia saat ini yaitu, merah delima, dan baru dimasa kejayaan WaliSongo, kisah batu mata kucing mulai terangkat kembali lewat wasilah seorang putri raja Tarta, Ong Tin, yang datang ke pulau Jawa.

Di Indonesia, batu mata kucing pertama kali dimiliki Ong Tien,  Putri Raja Tartar yang datang ke Indonesia untuk menemui Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung jati) sekaligus menjadi sejarah dikenalnya batu mata kucing di Nusantara.

Kualitas batu ini sudah diakui dunia dan masuk dalam jajaran batu mulia yang paling banyak di incar kolektor atau berada diperingkat ke 3 dari urutan batu mulia paling populer di dunia setelah zamrud Colombia dan berlian.

Cat’s eye termasuk dalam kelompok chrysoberyl yang terdiri dari beryllium dan aluminium oksida dengan formula Kimia Al2(BeO4). Chrysoberyl memiliki tingkat kekerasan 8.5 pada skala mohs.

Sejak zaman kuno batu Cat’s Eye sudah dikenal sebagai batu sakral dan dipercaya sebagai batu perlindungan dan keberuntungan bagi pemiliknya. Konon bagi mereka yang percaya, chrysoberyl mampu mengeluarkan aura yang berfungsi menetralisir energi negatif dalam tubuh menjadi energi positif.

Beberapa khasiat batu mata kucing:

Dapat menitralisir aura negatif menjadi positif

Dipercaya sebagian orang sebagai batu perlindungan dan azimat

Untuk meningkatkan kerukunan dan persaudaraan

Dapat meningkat daya ingat dan konsentrasi pikiran

Cat’ eye warna kuning dipercaya dapat meningkatkan kekayaan

Sebagai penangkal bencana dan bahaya

Dapat menerangkan penglihatan mata rabun

Gangguan sakit kepala dan syaraf

Menambah ketenangan dan ketentraman hati

Meningkatkan energi tubuh dan memperlancar aliran darah

Penambah semangat dan optimisme

Baca juga : Kupas tuntas batu mata kucing: Asal-usul, jenis dan khasiatnya

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*