Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Batu giok Aceh, keindahan, jenis dan khasiatnya

Batu giok Aceh belakangan ini menjadi primadona. Keindahannya tidak kalah dibandingkan dengan batu bacan yang sudah populer sebelumnya. Banyaknya penggemar giok Aceh ini membuat membuat berbagai turunan batu giok bermunculan.

Menurut pakar batu mulia, Tengku Fadli, keistimewaaan giok aceh ini terletak pada keindahan dengan berbagai fenomena seperti warna mata kucing, tingkat kekerasan, kekristalannya dan kekhasannya yang bisa bermetamorfosis. Keistimewaan lainnya adalah kejernihan batu dan jenisnya yang lebih beragam dibandingkan giok China.

Dari tingkat kekerasan batu, kekerasan giok Aceh mencapai 7 Mohs. Level ini sudah mendekati kekerasan batu mulia unggul seperti zamrud, rubi bahkan safir. Giok Aceh juga mempunyai karakteristik unik, yakni akan terasa dingin saat dipegang.

keindahan-Batu-giok-Aceh

Keistimewaan yang dimiliki batu giok Aceh membuat batu ini berharga mahal. Dalam pameran Indonesian Gemstone 2014 lalu, giok asal Aceh mendominasi lomba dengan predikat juara untuk kategori giok “idocrase solar” dan  “idocrase lumut”.  Dalam pameran tersebut, giok Aceh laku keras dengan dengan total penjualan ratusan juta rupiah.

Selain keindahannya, batu giok juga dipercaya memiliki bermacam khasiat, terutama untuk kesehatan, seperti memperlancar sirkulasi darah, meningkatkan kesuburan, membantu penyembuah dan memperkuat ginjal. Batu giok juga diyakini  bisa melindungi pemakainya dari serangan ilmu hitam.

Batu giok Aceh terbagi dalam dua kategori besar, yaitu Lumut Aceh (Idocrase) dan Giok Aceh (Nephrite Jade) yang kemudian berkembang menjadi bermacam jenis. Berikut ini  beberapa jenus batu giok Aceh yang populer:

Giok idograce

Batu giok idograce berwarna hijau muda transparan dengan garis-garis halus didalam batu, sebagian besar batu giok idograce memiliki kabut-kabut awan didalam batu, dimana semakin bersih idograce tersebut dari kabut awan maka semakin tinggi kualitas idograce tersebut.

Giok bio solar

Giok aceh bio solar ini berwarna mirip dengan bahan bakar minyak solar, dimana warnanya coklat muda transparan, semakin bersih batugiok solar ini maka semakin tinggi harganya.

Giok nenas

jenis giok Aceh nenas berwarna keputihan dengan serat seperti daging buah nenas, semakin langkanya bahan batu idograce dan bio solar membuat giok nenas ini menjadi sasaran para pecinta batu, karena khasiat batu tersebut sama dengan batu giok yang lain.

Giok anggur

Batu giok anggur sekilas seperti bio solar namun terdapat serat yang mirip buah anggur didalam batu ini.

Giok neprite

Giok neprite merupakan batu giok yang berwarna hijau yang agak pekat, batu giok ini persis seperti batu giok asal tiongkok yang tidak hanya dibuat menjadi batu cincin saja namun dibuat juga sebagai patung, gelang, guji, dan lain sebagainya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*