Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Batu akik: Jenis, kualitas dan khasiatnya

Batu mulia atau permata mempunyai tingkat kekerasan antara 1 sampai 10 skala Mohs. Salah satunya adalah batu akik. Batu permata yang paling diminati adalah batu yang berkristal, seperti Berlian, Zamrud, Ruby,  Safir dan batu-batu akik jenis anggur seperti Biru Langit, bungur atau kecubung.

Salah satu batu batu mulia yang sangat populer adalah batu akik. Nah, berikut ini adalah artikel mengenai batu akik untuk memberikan pemahaman kepada para penggemar batu mulia, khususnya para penggemar pemula, yang dikutip dari berbagai sumber:

Kata akik, menurut Kamus Istilah Geologi yang disusun M.M. Poerbohadiwidjojo, berasal dari kata agate atau agat yang artinya adalah sejenis mineral silika (SiO2) -biasa disebut kuarsa amorf atau kriptokristalin- berwarna dan berlapis. Itulah yang menjadi bahan batu akik. Warna akik bisa tunggal bisa pula banyak warna. Posisinya pun bisa beraturan atau tidak beraturan.

Fire-opal-manggal-Wonogiri-empat-foto

Khasiat Batu Akik

Khasiat batu akik sampai sekarang masih menimbulkan pro-kontra. Namun, yang jelas batu akik sangat indah sebagai mata cincin, termasuk jika dipakai sebagau liontin atau mata kalung.

Berikut ini khasiat batu akik berdasarkan namanya:

Akik Lumut: Dapat meningkatkan hubungan dengan alam sekitar. Lumut Hijau membantu menghilangkan racun dalam darah dan menyeimbangkan energi emosional. Lumut Merah membantu membersihkan darah serta menambah stamina fisik.

Akik pohon: Menolong di dalam melakukan introspeksi diri dengan lebih jelas, melihat dunia melalui sudut pandang yang lebih luas dan menurunkan demam serta kadar racun.

Akik Garis/Pita: Membantu dalam menarik kekuatan, mengatasi rasa tidak mempunyai cukup kekuatan atau keberanian

Akik Renda/Jalinan:  Mengatasi keputus-asaan dan depresi, menimbulkan kegembiraan serta relaksasi dari tegangan otot serta kejang. Akik renda biru membantu menyeimbangkan cairan tubuh dan memberi ketenangan emosi.

Akik menyerupai bulu burung: Menguatkan pembuluh darah dan mengatasi rasa takut tanpa sebab yang jelas. Berguna untuk mengurangi rasa takut dalam berburu atau menemukan arah.

Akik bintik-bintik: Perlindungan ekstra terhadap pelawat/pengembara, salah satu batu para petualang

Akik Mata: Melindungi dari kerusakan pada tubuh dan menghilangkan pikiran negatif

Akik Dendrite: Menyeimbangkan kadar gula darah. Merupakan batu para petualang untuk memberikan keamanan dan kekuatan

Akik India: Memberikan kekuatan jasmani, mengatasi perasaan tidak aman/tidak sejahtera dan menghilangkan kelemahan fisik serta emosional.

Akik Botswana: Mengatasi ketidakpastian dari arah dan tujuan peribadi.

Kualitas Batu Akik

Kualitas batu akik akan mempengaruhi harganya. Batu akik dengan motif yang unik dan indah bisa berharga jutaan bahkan ratusan juta atau miliaran rupiah.  Misalnya batu akik bergambar motif mata kucing milik seorang pengusaha sekaligus kolektor asal Balikpapan yang pernah ditawar Rp 800 juta.

Batu akik mata kucing tersebut berharga mahal karena kualitas batu yang bening seperti kristal. Warna yang dimiliki pun indah dan terdapat garis (inden) yang istimewa.

Ada juga  koleksi akik bergambar Ratu Pantai Selatan milik warga Wonosobo yang hargai Rp5 miliar. Harga yang fantastis untuk sebongkah batu alam.

Batu akik ratu pantai selatan tersebut menampilkan siluet seorang wanita yang berada di antara corak warna-warni di sekitarnya. Indah memang, dan langka pastinya. Itu yang membuat harganya jadi fantastis. Banyak faktor yang membuat sebuah batu akik mahal menentukan, antara lain motif atau corak, jenis, warna, dan kualitas kristalnya.

Baca juga : Ini 5 kekuatan magis batu Biduri Bulan menurut warnanya

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*