Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Batu akik ini dibuat patung, harganya ratusan juta rupiah

Batu akik umumnya dibuat batu cincin atau liontin. Namun di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), seorang perajin membuat patung dari susunan puluhan batu akik.  Karya patung dari berbagai jenis batu akik itu diminati para kolektor dan penggemar batu akik dari luar negeri dengan harga mencapai ratusan juta rupiah.

Adalah Yudhani, perajin sekaligus kolektor batu mulia. Pria asli Lombok itu mengaku sudah tidak tertarik lagi dengan batu akik atau batu mulia dalam bentuk batu cincin ataupun liontin.

Sebagai gantinya, dia menciptakan kreasi dengan membuat patung dari susunan berbagai jenis batu akik. Menurut dia, sudah terlalu banyak orang yang mempunyai batu cincin sehingga batu akik atau batu mulia tidak lagi unik.

Batu akik dibuat seperi patung ular, ini hasil kreativitas para stoners di Jalan Veteran, Kota Parepare, Sulawesi Selatan/KOMPAS.com/Suddin Syamsuddin
Batu akik dibuat seperi patung ular, ini hasil kreativitas para stoners di Jalan Veteran, Kota Parepare, Sulawesi Selatan/KOMPAS.com/Suddin Syamsuddin

“Semua orang sudah punya cincin, nanti akan pudar dan akhirnya lama bosan. Tetapi kalau dalam bentuk kerajinan patung seperti ini orang bisa taruh di meja kantornya, di depan meja makannya, juga bisa untuk hiasan rumah,” kata Yudhani seperti dikutip Liputan6.com.

Tentu tak mudah menyusun bat- mulia langka seperti yellow shafire, pink rubhy, korondum, kristal, bacan, jamrud, platinum, ruw pink diamond, aneka fosil serta bongkahan batu meteor tersebut menjadi patung bernilai tinggi.

Patung Batu

Tak hanya di Lombok, patung dari bongkahan batu akik juga dilakukan oleh seniman batu di Kota Parepare, Sulawesi Selatan. Bedanya, karya payung tidak dibuat dari susunan batu akik, melainkan dengan memahat atau membentuk nongkahan batu seperti abeka binatang dan perkakas rumah tangga.

Dikutip Kompas.com, batu-batu yang digunakan adalah jenis batu akik sisik naga (septarian noudles). Beragam batu akik sisik naga bentuk patung hewan, mirip ular piton, sanca, kura-kura, anjing dan aneka bentuk binatang  lain.

Patung dari batu akik sisik naga ini banyak ditemukan di pusat batu akik di Jalan Veteran, Ujung Bulu, Kecamatan Ujung, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

“Corak khas batu akik Sisik Naga sangat cocok dijadikan miniatur binatang. Sangat cocok untuk hiasan di ruang tamu, “ kata seorang perajin, Haji Faizal.

Haji Faizal membandrol patung dari batu akik tersebut mulai Rp 1 juta hingga Rp 15 juta, tergantung ukuran dan berat batu.  “Dibanding beli batu akik Sisik Naga untuk cincin atau kalung, patung ini lebih murah. Batu akik patung binatang ini besarnya 30 kali lipat dibanding untuk cincin,“ jelas Haji Faizal.

Baca juga : Giok merah Aceh tak kalah indah, ini foto-fotonya

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*