Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Batu akik Ciniru motif jerapah ini harganya Rp 500 juta

Harga batu akik semakin melambung tinggi. Tiga batu akik Ciniru (Bacin) dari Kuningan, Jawa Barat, dihargai masing-masing Rp500 juta. Ketiga batu akik tersebut semuanya merupakan akik motif atau gambar, yaitu batu akik bergambar jerapah, indah warna, dan panorama alam.

Menurut pemiliknya, Kuswara, ketiga batu akik itu merupakan jenis akik kalsidon, dan masing-masing berukuran sekitar lima sentimeter. “Masing-masing saya jual Rp 500 juta, jadi semuanya Rp 1,5 miliar,” kata Kuswara.

Ketiga batu tersebut diperoleh Kuswara dari  hasil pencarian di sebuah sungai dan tebing  di Kuningan. |Saya sebut mencari karena batu-batu itu tidak ditambang, tapi lebih tepat memulung. Ada banyak di aliran suangi dan patahan-patahan tebing,”jelasnya.

Ketiga batu akik tersebut sudah diikutkan dalam kontes batu akik Kuningan, kontes akik tingkat Provinsi Jawa Barat dan nasional. Di KUningan, pameran berlangsung 10 hari sejak Sabtu (18/4) lalu.  Peserta pameran datang dari berbagai kota, seperti Garut, Bandung, Cirebon, Sukabumi, Lampung dan NTT.

“Pameran ini digelar sekaligus untuk mempromosikan jenis batu akik dari Kuningan, agar Indonesia tahu bahwa batu akik tidak hanya ada di Kalimantan, Maluku, Papua, Jawa tengah, tapi Kuningan  juga ada batu akik yang tidak kalah bagus,” kata Kuswara.

Batu akik Ciniru motif jerapah/Istimewa
Batu akik Ciniru motif jerapah/Istimewa

Batu Bacin atau Ciniru tersebut banyak ditemukan di kawasan pegunungan wilayah timur Kuningan di Kecamatan Ciniru. Ciri khas batu Ciniru adalah corak dan warna dasar batu yang didominasi warna kuning.

Batu Ciniru asal Kuningan sudah memiliki pangsa pasar sendiri dan banyak diburu kolektor. Apalagi setelah beberapa waktu lalu batu Ciniru menjuarai kontes batu akik di Bandung.

”Batu Ciniru ini menarik, karena corak dan warna kuning yang mencolok. Batu ini pernah menjuarai kontes di Bandung, Cirebon dan Jakarta,” tambah Kuswara.

Harga batu Ciniru sangat bergantung pada bentuk motif atau gambar serta kejernihan warnanya. Jika motif yang muncul membentuk suatu gambar tertentu atau memiliki komposisi warna yang menari, harganya akan sangat mahal.

”Umumnya harganya mulai Rp 50.000 sampai jutaan rupiah. Tapi ya itu tadi, harganya bisa sangat tinggi kalau memang benar-benar istimewa,” ujar Kuswara.

Baca juga : Rekor termahal, batu akik gambar naga ini dijual Rp 20 miliar

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*