Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Aneka Peluang Usaha Bidang Multimedia

Salam Sukses. Sejak menjamurnya SMK jurusan Multimedia, ternyata hingga saat ini-pun masih ada orang tua yang masih bingung tentang peluang usaha bidang multimedia. Ada semacam kekhawatiran setelah lulus sekolah anak-anaknya sulit mencari pekerjaan bahkan untuk mendirikan usaha.

Pekerjaan-pekerjaan dibidang multimedia memang bisa dibilang sesuatu yang baru jika dibandingkan dengan pekerjaan-pekerjaan yang sudah lama ada seperti guru, dokter, tentara dan lain sebagainya. Bidang usaha multimedia ini muncul setelah semakin berkembangnya teknologi informasi seperti adanya internet, komputer, kamera, gadget, dan berbagai perangkat teknologi komunikasi lainnya.

Untuk bisa menemukan pelung usaha bidang multimedia sebenarnya cukup mudah, yakni dengan cara merespons perkembangan teknologi informasi yang ada saat ini, yang sebelumnya hanya sebagai penikmat bagaimana bisa menjadi pembuat, dari pembeli bisa menjadi penjual, dari sekedar penonton menjadi sesuatu yang ditonton, dan lain sebagainya. Pada prinsipnya adalah bagaimana merubah peran kita, yang sebelumnya hanya sebagai pelaku konsumtif dirubah menjadi sesuatu yang produktif di bidang mulltmedia.

Sesuai dengan namanya Multi-media, seseorang yang menekuni bidang ini justru biasanya memiliki banyak peluang karena dapat bekerja dengan banyak media. Tinggal pilih salah satu media yang dikuasai, kemudian dikembangkan dan dimaksimalkan sehingga menjadi sebuah keahlian yang bernilai tinggi. Adapaun peluang usaha bidang multimedia yang bisa dipilih dan dikembangkan misalnya :

1. Ilustrator

Ilustrator merupakan salah satu pekerjaan bidang multimedia yang menyediakan jasa gambar ilustrasi pada media koran, majalah, buku, website, biro periklanan, pembuat storyboard pada film, dan lain-lain. Selain bisa berdiri sendiri sebagai bisnis perseorangan (self employer), pekerjaan ilustrator ini juga bisa dikerjakan secara teamwork dimana para tim yang tergabung didalamnya bisa memiliki peran yang berbeda-beda.

Peran-peran yang tergabung dalam tim ilustrator ini bisa dibedakan misalnya ada yang menjadi bagian perancang gambar (skets), bagian tinta (inker), bagian pewarna (coloring), dan lain sebagainya. Dalam pekerjaan ilustrator, selain bekerja secara manual, biasanya mereka juga menggunakan teknologi komputer untuk menyempurnakan karya-karyanya. Adapun keahlian komputer yang harus dikuasai seperti mengolah gambar-gambar grafis berupa vector dan image.

2. Komikus

Seperti halnya ilustrator, sebagai komikus juga akan bekerja dengan gambar-gambar. Perbedaan yang paling menonjol dari komik dan ilustrasi adalah jika ilustrasi lebih banyak menggambarkan sebuah kejadian tertentu saja dan hanya berdiri sebagai gambar pelengkap, namun komik bisa berdiri sendiri dan biasanya dapat memuat cerita yang lebih kompleks.

Hingga saat ini “industri” komik di Indonesia juga sudah mulai menggeliat, hal ini bisa dilihat dari banyaknya terbitan buku komik lokal yang beredar di berbagai toko buku. Komik-komik produk indonesia yang lahir di era sekarang ini setidaknya sudah mampu memberi warna per-komik-an negeri kita yang sebelumnya selalu dibanjiri dengan komik-komik jepang. Kesuksesan Jepang membombardir karya-karya komik ke segala penjuru dunia membuktikan bahwa dunia komik memiliki pangsa pasar yang cukup luas dan bisa menjadi peluang bessar bagi mereka yang menekuninya.

3. Animator

JIka ilustrator dan komik banyak bekerja dengan gambar-gambar diam, dalam pekerjaan animator mereka akan banyak bekerja dengan gambar bergerak (animasi). Seiring berkembangnya teknologi, produk animasi saat ini tidak hanya terbatas pada pembuatan animasi dua dimensi (2D) saja, namun juga animasi tiga dimensi (3D) yang dapat diaplikasikan pada karya-karya film, iklan televisi, game, dan lain-lain.

Semakin banyaknya media tayang untuk karya animasi seperti stasiun televisi dan media online seperti Youtube, vimeo dan sebagainya, semakin membuka peluang bagi para animator untuk bekerja bahkan membuka usaha sendiri. Seperti yang saya tulis sebelumnya, media internet di Youtube juga bisa dijadikan ajang untuk mencari penghasilan melalui iklan di Google Adsense. (baca juga : Ingin Mendapatkan Uang Dari Internet? Ini Caranya)

4. Desainer

Diakui ataupun tidak, dari mulai bangun tidur hingga tidur lagi kita tidak bisa pernah lepas dari karya-karya desain. Mulai dari desain produk, desain kemasan, desain iklan, desain fesyen, desain interior dan lain sebagainya. Karya-karya desain tersebut tentu ada yang menciptakan, yakni mereka para kreator yang telah mencurahkan segala energinya sehingga muncul sebuah produk yang kita pakai sehari-hari.

Jika Anda memiliki keahlian dalam desain, tidak ada salahnya apabila merintis sebuah biro jasa desain di wilayah Anda. Usaha ini bisa dimulai dari layanan jasa kecil-kecilan dulu, misalnya membuat desain undangan pernikahan, desain kartu nama, spanduk, hinnga desain iklan dan lain sebagainya. Sebagai biro jasa desain Anda juga bisa melakukan kerjasama dengan beberapa biro periklanan yang ada, dengan percetakan, pengembang web dan lain-lain. Selain dapat merintis usaha birojasa desain Anda juga dapat mengikuti berbagai kontes pembuatan desain logo yang diselenggarakan oleh beberapa situs di internet.

5. Periklanan

Seperti yang telah saya bahas dalam artikel sebelumnya tentang industri kreatif. Periklanan merupakan salah satu sub-sektor industri kreatif yang saat ini sedang digalakkan oleh pemerintah. Peluang usaha di bidang periklanan ini juga masihh sangat luas karena hampir setiap hari para pengusaha membutuhkan media promosi dan iklan. (baca juga : Kreativitas Tanpa Batas di Usaha Periklanan)

6. Industri Kreatif lainnya

Selain jenis-jenis usaha yang sudah saya sebutkan di atas, berbagai peluang usaha bidang multimedia juga masih banyak karena hampir sebagian besar pekerjaan masuk dalam kelompok industri kreatif, seperti fotografi, video-film, pengembangan website dan lain sebagainya. Berbagai sub-sektor industri kreatif ini bisa Anda buka di artikel ini : Anda Merasa Kreatif? Mungkin Cocok Dengan Usaha Ini.

***

Jika ada kemauan pasti ada jalan, kata-kata bijak tersebut seolah memang tak pernah ada matinya, sebagaimana peluang usaha bidang multimedia. Hal yang tidak kalah penting ketika ada banyak peluang yang datang adalah bagaimana kita memang sudah benar-benar SIAP dengan peluang ya menghampiri kita. Selamat berjuang, semoga sukses…

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook


2 Comments on Aneka Peluang Usaha Bidang Multimedia

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*