Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Akik Spritus Mizone Baturaja diburu kolektor, ini alasannya

Batu akik Spritus Mizone dari Kota Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, mulai diburu oleh para penggemar dan kolektor batu akik. Pasalnya, batu tersebut bersama beberapa batu akik dari Baturaja seperti spritus, merah darah, sankis, solar, dan lavender selalu menjuarai kontes batu akik bergengsi.

Seorang kolektor batu akik di Baturaja, Yandri (29), mengungkapkan batu koleksinya  berhasil memenangkan sejumlah kontes batu akik di Pulau Jawa. Salah satunya adalah  kontes batu akik di Mangga Dua, Jakarta.

Menurut Yandri, batu koleksinya, yaitu spritus biru mizone berhasil menyabet juara 1, 2, 3 dan 4. Seusai kontes, batu spritus biru mizone miliknya tersebut langsung ditawar sejumlah kolektor dengan harga fantastis.

“Setelah menang kontes, batu-batu itu ditawar para kolektor. Ada yang menawar Rp150 juta, ada juga yang Rp450 juta. Tapi belum saya lepas, mungkin harganya belum cocok,” ujar dia seperti dikutip Antara.

Yandri mengungkapkan saat ini batu spritus biru mizone termasuk batu akik langka. Bahkan, batu tersebut sudah sangat sulit ditemukan di daerah asalnya, yakni Baturaja. Tidak heran jika batu tersebut saat ini sangat mahal.

Batu Spritus Mizone Baturajatu

“Kalau batu spritus biru mizone dari dulu harganya memang sudah mahal. Sekarang batu seperti itu sudah langka,” ujarnya.

Yandri menambahkan dalam waktu dekat batu spritus biru mizone miliknya akan diikutsertakan dalam Grandprix Best of the Best di Jakarta. Namun dia belum tahu kapan kontes tersebut akan digelar.

“Belum tahu kapan jadwalnya karena masih menunggu para juara di daerah lainnya,” jelasnya.

Kekerasan dan keindahan corak warna batu menjadi salah satu daya tarik dari spritus mizone. Selain itu, untuk mendapatkan batu ini tidak mudah. Sebelum menambang, para para penggali harus berjalan kaki menembus hutan berbukit. Selanjutnya, mereka menggali sampai kedalaman lima meter. Meski demikian, kerja keras tersebut belum tentu mendapatkan batu spritus mizone.

“Bukan jaminan menggali dalam akan mendapatkan batu spritus mizone. Penggalian paling dalam 5 meter. Kalau lebih dari itu percuma karena akan menembus batu karang, bukan batu akik,” kata Kolimin, seorang penggali batu spritus di Desa Simpang Empat, Talang Ogan, Lengkiti, Kolmilin.

Kolmilin menceritakan selama menjadi penggali batu dia belum pernah mendapatkan batu spritus mizone kualitas super. Selama ini dia hanya mendapatkan spritus standar. Konon, untuk mendapatkan kualitas super harus melalui ritual dengan sesaji khusus sebelum penggalian.

Baca juga : Karakter dan khasiat akik berdasarkan warna batu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*