Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

Akik galih asem dan kelor ini dipercaya bisa tangkal santet

Batu akik memiliki kelebihan sendiri-sendiri. Termasuk batu akik galih kelor dan galih asem yang  merupakan batu akik khas Semarang. Konon, kedua batu akik ini berkhasiat bisa menangkal guna-guna, santet, ataupun ilmu hitam lainnya.

Galih asem sendiri bukan berasal dari bebatuan di kali atau pegunungan, melainkan dari fosil pohon asam yang berusia ratusan tahun. Meski berasal dari fosil kayu, namun tingkat kepadatan dan kekerasan galih asem dan galih kelor sama seperti batu akik yang berasal dari bebatuan.

Warna coklat kayu menjadi warna yang khas, dan apabila disorot senter sinarnya menembus batu sekaligus memperlihatkan motif serabut seperti akar yang ada di dalamnya

“Batu galih asem ya hanya ada di Semarang,” ujar Slamet seperti dilansir detikcom.

Warga Jl Tambra Dalam 2, Kelurahan Kuningan, Semarang Utara itu merupakan salah satu pengrajin batu galih asem dan kelor. Menurut dia, di tangan kolektor harga akik galih asem dan kelor sudah mencapai jutaan rupiah.

Batu akik galih asem detikcom
Batu akik galih asem/ detik.com

Slamet sendiri menjualnya paling mahal sekitar Rp 300 ribu. Harga murah itu sengaja dibandrolnya agar peminat batu galih banyak sehingga bisa memperkenalkan batu akik itu ke berbagai daerah.

“Sayangnya belu, banyak masyarakat Semarang yang tahu dan pemerintah kurang memperhatikan. Padahal ini batu ini hanya ada di Semarang dan bisa menjadi identitas. Kalau Aceh punya giok, Purwokerto punya Klawing, Semarang punya galih asem dan galih kelor,” ujar Slamet.

Ayah tiga anak itu mengaku cukup sulit mendapatkan fosil pohon asam itu. Selain lokasi di perbukitan, ia menjalani persyaratan mengelilingi 99 pemakaman di Semarang. Hingga akhirnya dia menggali seorang diri hingga kedalaman 12 meter untuk mendapatkan fodil tersebut.

“Dulu kan di Semarang di sekitar Jalan MT Haryono dan Pemuda banyak pohon asam, tahun 70-an ada penebangan besar-besaran diganti akasia, ini dibuang dan jadi fosil. Ini usia pohon kalau 200 tahun ada,” katanya.

Sementara itu, batu akik galih kelor mirip batu marmer. Sama seperti batu galih asem, batu ini ini juga dipercaya memiliki energi untuk menangkal ilmu hitam.

“Tidak usah dipakai, cukup diletakkan di atas pintu. Kalau ada yang menyerang pasti mental, ya semacam menangkal santet. Khasiat batu ini memberi perlindungan,” jelas Slamet.

Salah satu kolektor batu, Hedi Mulyono, mengaku baru kali ini melihat fosil kayu diubah menjadi batu akik yang indah. Dia juga percaya ada energi yang terkanduing di dalam batu galih itu.

“Batu galih asem ini unik, terutama motifnya yang seperti serat akar. Saya tadi lihat ini ada kodamnya, energinya bagus,” kata Hedi.

Baca juga : Ciri-ciri lengkap dan harga batu akik Red Baron asal Pacitan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*