Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

7 Tren Kopi Paling Populer di Kalangan Pecinta Kopi

Tren kopi sedang mengalami masa kejayaannya. Kopi bahkan telah menjadi tren. Bukan lagi sekadar minuman di waktu senggang, namu menjadi bagian gaya hidup. Para pecinta kopi pun menyebut dirinya sebagai hipster, coffee lovers, juga coffee geeks. Dari mereka juga juga kemudian muncul tren-tren kopi di dunia perkopian.
Berikut ini tren kopi paling populer di dunia perkopian:

1. Selamat Tinggal Strong Dark Roasts

Kopi hitam dan pahit pernah menjadi tren bagi orang-orang tua zaman dulu. Namun, kini dark roasts (biji kopi tanpa sangrai) mulai tersisihkan. Para pecinta kopi sekarang lebih meminati biji yang disangrai light dan medium.

Tren kopi yang berlaku sekarang adalah bahwa kopi tidak harus hitam dan pahit. Pada gilirannya, kopi light dan medium semakin dinikmati. Apalagi tren manual brew juga sudah merebak. Pecinta kopi pun tahu bahwa dark roast akan mengubah rasa kopi dan menghilangkan signature jenis kopi.

2. Single Origin dan Berburu Kopi-Kopi Unik

Menemukan kopi-kopi dari berbagai daerah dan mencoba cita rasa yang unik saat ini menjadi tren di dunia kopi. Banyak penikmat kopi yang mencari kopi di seluruh dunia dan menikmatinya.

Tren pencarian ini kurang lebih untuk menemukan cita rasa dan after taste yang unik dan beragam. Kopi bukan lagi tentang pahit dan menendang. Dengan adanya tren ini, kopi lahir dalam berbagai rasa dan kaya dan tak hanya melulu menjelma satu rasa saja.

3. Mengurangi Gula dan Susu pada Kopi

Peminum kopi sejati tidak akan menambahkan gula, kreamer, atau susu pada kopinya. Saat menikmati café latte atau cappuccino, mereka tak akan membubuhkan gula. Sebab saat susu dipanaskan, susu akan melahirkan glukosa. Jadi, minum cappuccino dengan gula merupakan kesalahan besar. Apalagi sekarang susu dan gula tidak lagi menjadi trend dan harus ada di secangkir kopi hitam penikmatnya.

4. Era Pour Overs, Chemex dan Aeropress

Manual brewing method asal Jepang ini sekarang berada di puncak kejayannya. Era pour over, chemex dan aeropress menjadi sebuah fenomena dan tren menyenangkan bagi para penikmat kopi.

Ketiga alat ini memberi pengalaman yang menyenangkan tanpa menghilangkan karakteristik masing-masing kopi. Berbeda dengan mesin espresso yang, manual brewing menjaga cita rasa dengan caranya sendiri.

Tren yang merebak di kalangan coffee geeks sekarang adalah menikmati kopi dengan cara manual, meski harus sedikit lebih repot dalam menyeduh untuk hasil yang diinginkan.

5. Kopi Dingin Ala Vietnam

Setelah tren Vietnamese Drip yang mendunia karena keunikannya, kini Vietnam Iced-Coffee Style juga menjadi tren dalam dunia kopi. Dark roast kopi yang digiling kasar diseduh dan dicampur dengan susu kental manis menjadi minuman yang surprisingy dinikmati para coffee geeks.
Dengan harga yang murah dan rasa yang enak, kopi dingin ini menjadi buah bibir dan tren dilakukan oleh para penikmat kopi.

7. The Corretto

Corretto atau correcting espresso adalah seni minum kopi Italia yang kini mulai nge-tren. Corretto adalah espresso yang ditambahi tetesan grappa yaitu tetesan yang terbuat dari kulit anggur yang sudah difermentasi.

Grappa biasanya dipakai untuk berbagai masakan Italia. Dengan menambahkan grappa pada espresso maka akan memberikan rasa yang bergairah dengan cita rasa unik yang nikmat. Kini corretto adalah sebuah tren minum kopi yang mulai menjalar ke seluruh dunia.
Cascara, Sensasi Teh dari Kopi

Minum secangkir teh yang sebenarnya dibuat dari kopi juga menjadi tren. Cascara adalah teh yang sebenarnya bukan teh, melainkan buah kopi yang dikeringkan dan diseduh dengan cara yang kurang lebih sama dengan cara minum teh. Penjelasannya begini, jika kopi berasal dari biji dan membuang buahnya, maka cascara adalah kebalikannya. Siapa yang menyangka jika buah kopi juga dapat dinikmati dengan cara yang berbeda.

Baca juga : Kategori Peminum Kopi, Anda Masuk yang Mana?

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*