X
    Categories: ide bisnis

15 Peluang Usaha Dari Rangkaian Acara Pernikahan

Bunga dan kain bisa menjadi salah satu bahan dekorasi pernikahan/ via pixabay.com

Berbicara tentang peluang usaha, dunia pernikahan semakin hari semakin banyak memiliki potensi pekerjaan yang bisa dijadikan sebagai ladang bisnis, baik sebagai bisnis rumahan maupun  bisnis sampingan. Untuk merintisnya-pun bisa dimulai dari usaha kecil-kecilan atau bisa juga langsung dengan mendirikan usaha dengan modal besar.

Pernikahan memang sejak dulu telah menjadi salah satu pasar yang bisa dibilang tak pernah ada matinya. Selama masih ada bujang dan perawan yang menginginkan menikah, maka bisnis di dunia pernikahan akan tetap bisa diharapkan. Apalagi semakin lama jumlah penduduk juga semakin padat, maka tak heran apabila permintaan berbagai jasa yang terkait dengan pernikahan juga semakin tinggi.

Kebutuhan rangkaian acara pernikahan memang sangat banyak, mulai dari persiapan sampai puncak acara biasanya akan menguras cukup banyak tenaga dan pikiran. Oleh karena itu agar semua rencana bisa berjalan dengan lancar biasanya pihak keluarga mempelai akan membutuhkan orang lain untuk “membantu” mengatasi berbagai kebutuhan penyelenggaraan acara pernikahan.

Untuk mengurangi beban tanggung jawab pemilik hajat acara pernikahan, maka saat ini semakin banyak usaha jasa wedding yang didirikan, mereka menembak peluang usaha ini dengan menawarkan berbagai produk terkait acara pernikahan. Adapun berbagai peluang usaha yang terkait dengan dunia pernikahan diantaranya adalah :

1. Peluang Usaha Pembuatan Undangan Pernikahan

Usaha Pembuatan Undangan Pernikahan/CC/Harsha K R

Undangan pernikahan hingga saat semakin berkembang, hal ini seiring dengan berkembangnya teknologi cetak digital yang ada. Jika jaman dulu membuat undangan pernikahan hanya mengandalkan teknik cetak sablon, sekarang undangan dapat dicetak dengan mesin offset maupun menggunakan teknologi cetak digital lainnya.

Tak terbatas pada teknik pembuatannya saja, dalam membuat undangan pernikahan juga sudah banyak yang melakukan ekplorasi media/bahan dalam pembuatannya. Tak hanya menggunakan kertas, namun saat ini sudah banyak yang menggunakan bahan-bahan alternatif seperti mika, plastik, kain, kaca, dan lain sebagainya. (Baca juga : Tips Usaha Sampingan Jasa Cetak Undangan Pernikahan)

Saat ini undangan bukan hanya berfungsi sebagai “surat undangan” saja, namun dengan undangan pernikahan seseorang dapat membangun image/citra dirinya. Maka tak heran jika banyak mempelai yang mengalokasikan banyak uangnya untuk membuat surat undangan yang unik dan ekslusif dengan harga mahal. (Baca juga : Contoh Undangan Pernikahan Unik)

2. Peluang Usaha Pembuatan Hantaran pernikahan

Usaha Pembuatan Hantaran pernikahan/CC/Syafiq Affendy

Selain surat undangan, membuat hantaran pernikahan juga cukup berpeluang untuk digeluti sebagai sebuah usaha rumahan maupun usaha sampingan. Jika jaman dahulu hantaran pernikahan hanya dibuat seadanya, kini hantaran pernikahan biasanya akan dikemas semenarik mungkin dengan berbagai hiasan dan pernak-pernik yang indah.

Membuat hantaran pernikahan memang membutuhkan kreativitas agar bisa tampil unik dan menarik. Namun dengan semakin banyaknya referensi di internet, buku tentang hantaran pernikahan, dan kursus-kursus yang diselenggarakan, mendirikan usaha pembuatan hantaran pernikahan bukan sesuatu yang sulit dilakukan.

3. Peluang Usaha Kerajinan Sovenir Pernikahan

Usaha Kerajinan Sovenir Pernikahan/CC/Amie Fedora

Usaha sovenir pernikahan juga tak kalah menarik untuk digeluti, baik sebagai produsen sovenir maupun hanya menjadi perantara sebagai usaha sampingan yang menjual produk dari para pengrajin sovenir yang sudah ada.

Hingga saat ini kebutuhan sovenir pernikahan juga semakin beragam, untuk itu kreativitas juga menjadi ujung tombak agar bisa menciptakan produk-produk sovenir yang unik dan memiliki nilai jual tinggi.

4. Peluang Membuat Seragam Keluarga Pengantin

Seragam keluarga pengantin /Image via thebridedept.com

Pernikahan merupakan moment penting bagi banyak keluarga, maka tak heran apabila dalam acara resepsi pernikahan tersebut kini banyak keluarga kedua mempelai yang membuat seragam untuk dikenakan pada puncak acara resepsi.

Jika Anda saat ini bergerak di usaha fesyen, momen pernikahan bisa menjadi peluang yang bagus untuk menawarkan produk seragam keluarga. Penawaran biasanya bisa dilakukan jauh hari sebelum acara resepsi pernikahan diselenggarakan.

5. Peluang Usaha Persewaan Tenda dan Panggung

Jasa sewa tenda pernikahan dan perlengkapannya/CC/galatent

Tidak semua acara pernikahan diselenggarakan di gedung pernikahan, dan tidak semua orang yang menyelenggarakan resepsi pernikahan memiliki rumah yang cukup luas untuk menggelar acaranya. Untuk itulah persewaan tenda beserta perlengkapannya seperti kursi, meja, dan panggung bisa menjadi salah satu peluang usaha yang potensial untuk memenuhi kebutuhan acara pernikahan.

Ada banyak jenis tenda yang bisa dipilih untuk menjalankan usaha persewaan ini. Beberpaa persewaan biasanya ada yang menggunakan bahan-bahan tenda dari kain (deklit) ataupun dari bahan seng dan besi. Biasanya para penyedia jasa tenda ini juga menerima jasa yang lain, misalnya membuat dekorasi pernikahan sekaligus sewa sound system.

6. Peluang Usaha Jasa Dekorasi Pernikahan

Usaha Jasa Dekorasi Pernikahan/CC/Azlan DuPree

Dekorasi pernikahan hingga saat ini masih menjadi peluang usaha yang cukup menggiurkan bagi banyak orang. Hal ini disebabkan karena semakin banyaknya permintaan pasar, baik dekorasi dengan motif tradisi (menggunakan gebyok) maupun dekorasi pernikahan modern dengan menggunakan bahan-bahan sterofoam dengan kombinasi hiasan kain dan bunga.

Kreativitas dan kepekaan artisitik yang tinggi menjadi faktor penting dalam menciptakan dekorasi yang indah dan unik. Oleh karena itu jika ingin menangkap peluang usaha ini jangan ragu untuk merekrut tenaga-tenaga kerja yang kreatif dan inovatif agar karya yang akan disajikan tidak ketinggalan jaman. (Baca juga : Dekorasi Pernikahan, Usaha Rumahan Yang Tak Pernah Lekang Oleh Waktu)

7. Peluang Usaha Catering Pernikahan

Usaha Catering Pernikahan/CC/jen_nyc

Bisnis katering juga menjadi salah satu peluang usaha yang bisa ditekuni oleh mereka yang memiliki hobi memasak atau yang terkait dengan tata boga. Tak hanya untuk melayani berbagai kebutuhan konsumsi perkantoran, event dan sekolah saja, dalam pernikahan-pun saat ini juga banyak membutuhkan usaha jasa katering.

Merintis usaha katering pernikahan memang bisa mendatangkan keuntungan yang besar, namun dalam usaha ini juga akan membutuhkan modal dan sumber daya manusia yang cukup banyak. Terlebih saat acara pernikahan menggunakan sistem “piring terbang”, yakni hidangan dibagikan satu-per-satu kepada para tamu secara bergantian dan bergilir. Berbada halnya jika penyajian hidangan dilakukan dengan prasmanan, biasanya bisa lebih praktis. (Baca juga : Kiat Sukses Merintis Usaha Katering Pernikahan)

8. Peluang Usaha Tata Rias Pengantin

Usaha rias pengantin yang cukup potensial/CC/Mohd Fahmi Mohd Azmi

Seperti halnya usaha lain di bidang pernikahan, tata rias pengantin juga bisa menjadi satu peluang usaha yang cukup menjanjikan. Apalagi jika tenaga perias memiliki kemampuan untuk merias wajah berbagai gaya dengan kualitas terbaik, tentu akan memiliki daya tawar yang lebih tinggi.

Usaha jasa rias pengantin biasanya tidak hanya berkutat pada layanan merias wajah saja, namun seringkali mereka juga menyediakan dan menyewakan berbagai tema busana pengantin, mulai dari busana tradisional hingga modern, dan menyediakan berbagai busana seragam untuk keluarga kedua mempelai.

9. Peluang Usaha Fotografi Pernikahan

Memiliki SDM yang termpil dan profesional (ilustrasi) /CC/Kike San Martin

Peluang usaha fotografi pernikahan saat ini juga semakin terbuka lebar untuk digeluti. Hal ini didukung dengan teknologi kamera digital yang semakin berkembang pesat sehingga makin mudah didapat.

Memang peluang semakin terbuka lebar, peralatan semakin mudah didapat, namun dampaknya persaingan juga semakin ketat. Untuk itu untuk menekuni usaha ini juga diperlukan kreativitas yang tinggi, kemampuan teknis yang baik dan jaringan kerja yang luas.

Jasa fotografi pernikahan hingga saat ini tidak hanya sebatas pada pelayanan dokumentasi acara pernikahan saja, namu juga bisa dikembangkan misalnya dengan membuka jasa foto prewedding, wedding studio, maupun foto pasca-wedding. (Baca juga : Menjadi Fotografer Pernikahan? Ini yang Harus Dilakukan)

10. Peluang Usaha Video Pernikahan

Jasa Video Shooting pernikahan (Ilustrasi)/Istimewa

Selain usaha fotografi, untuk memenuhi kebutuhan dokumentasi pernikahan juga banyak dibutuhkan dalam format video. Oleh karena itu video shooting pernikahan juga menjadi peluang usaha yang patut dikembangkan. (Baca juga : Kiat Sukses Usaha Rumahan Jasa Video Shooting)

Tak hanya kebutuhan dokumentasi saat acara pernikahan, saat ini jasa video shooting juga bisa menawarkan pembuatan video prewedding dan weddingclip dengan durasi pendek. Seperti halnya dalam foto prewedding, dalam video prewedding biasanya juga dibuat sebelum acara pernikahan diselenggarakan. Sedangkan weddingclip merupakan video dokumentasi acara pernikahan yang disusun dari moment-moment terpenting saja.

11. Peluang Usaha Jasa Sound System

Usaha Jasa Sound System/CC/Sergiu Bacioiu

Hingga saat ini tak bisa dibilang hampir tak pernah ada acara pernikahan yang tidak membutuhkan sound system. Untuk itu jasa persewaan sound system juga masih menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan di dunia pernikahan.

Usaha jasa sound system memang akan membutuhkan modal yang cukup besar, karena pengusaha harus bisa selalu update teknologi sehingga kualitas suara bisa diandalkan. Untuk dapat memenuhi beberapa segmen pasar, biasanya pengusaha sound memiliki beberapa paket harga sehingga bisa dipilih oleh semua lapisan masyarakat.

12. Peluang Usaha Jasa Hiburan Pernikahan

Usaha Jasa Hiburan Pernikahan/CC/The Blend

Usaha jasa hiburan untuk melayani acara resepsi pernikahan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Bisa dengan mendirikan grup musik, bisa dengan melakukan kerja sama dengan kelompok musik tertentu, atau dengan mengambil beberapa orang yang kompeten dari kelompok musik yang berbeda.

Jasa hiburan paling sederhana yang bisa dibuat adalah jasa orgen tunggal, kemudian bisa dikembangkan lagi menjadi grup musik yang lebih kompleks. Misalnya saja menjadi grup musik campur sari, grup musik dangdut, pop, dan lain sebagainya.

13. Peluang Usaha Sewa Mobil Pengantin

usaha sewa mobil pengantin/CC/Hans

Acara pernikahan memang menjadi waktu paling istimewa bagi kedua mempelai, maka tak heran jika mereka sering disebut sebagai “raja dan ratu” sehari. Apapun akan dilakukan untuk menjadikan hari pernikahan sebagai moment yang paling mengesankan, termasuk untuk memenuhi kebutuhan transportasinya.

Usaha jasa sewa mobil pengantin juga bisa menjadi peluang usaha yang bagus jika Anda memiliki mobil yang cukup layak. Selain menyewakan mobil khusus pengantin, Anda juga bisa menyewakan mobil untuk keluarga pengiring yang biasanya jumlahnya lebih banyak.

14. Peluang Usaha Persewaan Gedung Pernikahan

Contoh dekorasi pernikahan adat jawa di graha saba Solo/via Chiliparicatering.com

Usaha menyewakan gedung pernikahan memang salah satu usaha yang membutuhkan banyak modal, khususnya untuk pembelian tanah dan bangunan yang besar. Bagi beberapa pengusaha persewaan gedung pernikahan ini biasanya mereka juga sekaligus menyewakan berbagai perlengkapan acara pernikahan, seperti dekorasi pernikahan, tata rias, sound system, katering, dokumentasi foto dan video dan lain sebagainya.

15. Peluang Usaha Wedding Organizer

Usaha Wedding Organizer/CC/iComputer Denver

Seiring dengan perubahan jaman, pengelolaan acara pernikahan saat ini tidak hanya diurusi oleh keluarga besar kedua mempelai saja. Wedding organizer ataupun wedding planner yang merencanakan berbagai kebutuhan pernikahan kini telah menjadi satu peluang uasaha yang banyak digeluti oleh kaum muda.

Adapun pekerjaan yang dilakukan oleh tim wedding organizer ini meliputi berbagai kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan serta evaluasi acara pernikahan agar sesuai dengan permintaan klien. Melalui wedding organizer inilah kedua mempelai akan diringankan beban-bebannya, mulai dari membuat konsep acara, pemilihan undangan pernikahan, tempat acara, hiburan, pemakaian katering, dan lain sebagainya.

Segala hal yang terkait dengan pernikahan biasanya akan dilayani dengan baik oleh wedding organizer ini. Keuntungan yang besar menjadikan wedding organizer sebagai salah satu peluang usaha yang cukup banyak diminati.