Info peluang usaha, Bisnis Rumahan, Modal usaha, bisnis online dan Usaha kecil>

10 Batu akik paling laris, ini peringkatnya

Demam batu akik belum berhenti.  Di mana pun, bebatuan alam tetap menjadi perbincangan menarik. Namun tidak semua jenis batu akik laris manis dicari penggemar meski jenis-jenis baru bermunculan.

Dari banyaknya jenis batu akik yang ada, beberapa jenis batu akik tetap bertahan dengan kejayaannya karena memiliki penggemar fanatik. Tak heran jika batu-batu akik tersebut selalu laris. Berikut ini ini batu akik paling laris dan terus diburu para penggemar.

Bacan

Banyak kolektor berburu batu akik jenis ini. Batu akik yang berasal dari Halmahera Selatan, Maluku Utara tepatnya di daerah Pulau Kasiruta ini sangat diminati bahkan sampai kolektor mancanegara pun juga ikut berburu batu ini. Banyak kelebihan dari batu akik jenis ini yang menjadikannya banyak dicari.

batu bacan large 2
batu bacan

Salah satu yang beda dengan jenis batu akik yang lain, bahwa batu ini bisa bermetamorfosa secara alami semakin lama semakin indah. Dari jenis batu bacan ini yang paling populer dan paling laris adalah jenis batu bacan doko dan batu bacan palamea.

Kalimaya

Jenis batu akik yang meskipun lembek, namun tetap banyak yang mencari nya. Dengan ciri spesifik memancarkan warna semacam berlian menjadikan batu ini termasuk buruan nomor satu bagi para kolektor.

Kalimaya Banten
Kalimaya Banten

Jenis batu akik ini sering disebut dengan opal ini di luar negeri bisa ditemukan di negara India, Meksiko, Australia dan juga Mesir, untuk di Indonesia sendiri bisa ditambang di Banten. Batu ini termasuk batu laris.

Fire Opal

Batu akik Fire Opal atau yang juga disebut Batu Barjad Api asal Wonogiri, memang tengah populer dan laris dalam beberapa bulan belakangan ini, sehingga sering kali menjadi buruan banyak kolektor dan para pencinta batu cincin di tanah air. Keindahan batu ini konon mampu mengalahkan keindahan batu sejenis asal Meksiko dan Tanzania.

fire opal
fire opal

Harganya pun kian melambung seiring dengan popularitasnya yang terus menanjak, mulai dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Bahkan popularitas batu ini sudah setara dengan batu-batu terkenal lainnya seperti batu black opal kalimaya, batu bacan, giok dan lain-lain.

Hanya saja mungkin tidak seterkenal batu bacan yang sudah dikenal lebih dulu oleh masyarakat sebagai batu berkualitas unggulan asli Indonesia. Namun demikian batu ini tetap masuk dalam jajaran batu berkualitas yang banyak diburu para kolektor

Giok

batu giokDi Indonesia batu giok sudah dikenal sejak lama, namun popularitas batu ini tidak pernah luntur, terlebih ditengah semakin tingginya penghobi batu akaik belakanhgan ini, sehingga membuat harga batu giok makin laris dan mahal.

Khasiat Batu Giok Aceh 3
Batu Giok Aceh

Keindahan Giok dengan khas warna hijau banyak dijadikan sebagai perhiasan, seperti mata cincin, kalung, liontin dan lain-lain. Namun sebagian orang masih percaya bahwa batu yang sudah dikenal sejak ribuan tahun sebelum masehi di China itu dipercaya bisa membawa keberuntungan, ketentraman dan kedamaian bagi pemiliknya. Baca: Khasiat Batu Giok

Sungai Dareh

Jenis batu akik dari Sumatera Barat ini sangat populer dan laris saat ini. Banyak penggila dan kolektor batu akik sangat menyukai batu ini. Bahkan para pemimpin negara pun disinyalir juga memakai batu akik ini.

batu akik sungai dareh
batu akik sungai dareh

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Barrack Obama pun diperkirakan juga memakai baju akik ini. Hal ini semakin menjadikan batu ini sangat mahal dan berkelas.

Pancawarna

Batu akik pancawarna merupakan salah satu dari jenis batu natural yang keterdapatannya banyak di Pulau Jawa, keunikan maupun keistimewaan dari batu jenis inilah yang membuat para kolektor ingin untuk mengkoleksi jenis batu akik ini, apalagi batu pancawarna ini memiliki keistimewaan motif tertentu yang menggambarkan suatu hal tertentu, maka dari itu batu ini sering disebut debgan batu gambar.

batu akik pancawarna garut
batu akik pancawarna garut

Daerah yang terkenal akan batu pancawarna ini adalah daerah Garut dan Banyumas yang memiliki ciri – ciri khas tersendiri yang berupa kombinasi warna yang bagus yaitu hijau, biru, abu – abu maupun coklat.

Setidaknya batu akik pancawarna ini memiliki paling tidak lima warna dalam satu batu sehingga memeberikan nilai seni tersendiri bagi yang memakainya. Untuk kekerasannya sendiri, batu akik pancawarna ini memiliki kekerasan 7 sampai 7,5 skala mohs. Itulah yang membuat batu pancawarna laris sekaligus mahal.

Safir

Batu akik seperti ini tergolong laris meskipun harganya cukup mahal dan mempunyai segmen pasar tersendiri. Tergolong jenis batu yang mahal tapi pantas untuk keelokan batu akik ini.

Batu cincin safir
Batu cincin safir

Selain dari jenis warna yang begitu dikagumi, batu akik jenis ini juga dianggap memiliki khasiat bisa menenangkan jiwa atau pikiran yang sedang kalut. Sehingga semakin meningkatkan harga dari batu akik jenis safir itu sendiri.

Batu Kecubung (Amethyst)

Batu kecubung asli Kalimantan
Batu kecubung asli Kalimantan

Batu kecubung termasuk salah satu dari sekian banyak batu akik yang juga laris dan menjadi incaran banyak penghobi. Warna khas ungu yang terdapat pada batu ini membuat batu yang biasa disebut Amethyst di pasaran intenternasional itu terlihat mempesona. Tak hanya bisa dijadikan sebagai perhiasan kecubung juga dipercaya sebagai batu pembawa keberuntungan. (Baca juga : Jenis batu kecubung Kalimantan dan foto-fotonya)

Batu Mata Kucing

Di pasaran internasional dikenal dengan nama Cat’s Eye. Jenis batu cincin ini memiliki corak mirip dengan mata hewan peliharaan yaitu‘kucing’ Ciri batu mata kucing ini terdapat serat atau guratan melintang pada bagian tengah batu dengan warna kontras dari warna dasarnya, sehingga tampak berkilau dan menyurot layaknya sebuah mata hewan yang memandang tajam.

mata-kucing
mata kucing

Salah satu keunikan pada batu ini terletak pada coraknya yang terkesan misterius dari efek katoyansa pada guratan yang melintang pada bagian pemukaannya. Warna batu ini bervariasi mulai dari warna hitam, kuning, hijau merah, coklat dan lain sebagainya yang membedakan dari jenis batu lainnya terletak pada garis melintang sebagai ciri utamanya. Batu ini cukup laris dan banyak dicari.

Batu matang kucing dinamakan juga dengan nama batu perjodohan. Di Indonesia batu ini pertama kali dimiliki Ong Tien, Putri Raja Tartar yang datang ke Indonesia untuk menemui Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung jati) sekaligus.

Merah Ruby

Bagi yang menginginkan permata cincin dengan gengsi yang berkelas, maka Ruby adalah pilihan yang pas. Batu Ruby telah lama laris dan menjadi buruan yang banyak dicari karena keindahannya yang sangat cantik. Harganya cukup dan sangat berkualitas serta kesan mewah.

Batu Ruby cocok bagi Anda yang lahir hari Minggu/Google
Batu Ruby cocok bagi Anda yang lahir hari Minggu/Google

Harga batu Ruby relatif beragam, tergantung dari bentuk fisik serta mutnya. Dari beberapa varian yang ada, jenisnya yang paling tersohor adalah yang ditambang dari Sri Lanka. Tidak seperti cincin batu Akik pada umumnya, nilai Ruby dihitung per karat. Untuk tiap satu karatnya, batu mulia ini dihargai mulai dari puluhan ribu rupiah.

Baca juga : Batu Ruby: Jenis, kualitas dan ciri-ciri keasliannya

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*